KODIM 0607 KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MENGAWAL SEKTOR PERTANIAN


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kodim (Komando Distrik Militer) 0607 Kota Sukabumi, berupaya optimal mengawal sektor pertanian di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Maksud dan tujuannya, seperti ditandaskan Dandim (Komandan Distrik Militer) 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kavaleri Mujahidin, S.Sos., sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan dan menjaga kestabilan serta ketahanan pangan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Upaya tersebut diantaranya dilakukan dengan menggalakan penyerapan gabah dari para petani di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Karena dalam mengawal ketahanan pangan di Kota dan Kabupaten Sukabumi, bukan hanya terfokus pada komoditi beras saja, akan tetapi juga dari komoditi lainya, seperti gabah dan sebagainya.

Dijelaskannya, upaya dalam melakukan penyerapan gabah dari para petani di Kota dan Kabupaten Sukabumi ini, nantinya bisa disalurkan ke Bulog, serta diharapkan dapat menjadi lubung padi atau stok pangan di Kota dan Kabupaten Sukabumi yang berkelanjutan. Dijelaskan pula, apabila Kodim bergerak dengan para kelompok tani, bukan hanya gabah saja yang bisa diserap, tapi semua jenis atau komoditi petanian juga bisa diserap, untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Menyinggung ketersediaan pangan di Kota dan Kabupaten Sukabumi, menurut Dandim 0607 Kota Sukabumi harus disikapi dengan aksi, diantaranya dengan menyiapkan lahan-lahan yang memadai untuk bercocok tanam, supaya seluruh jenis komoditi pertanian bisa ditanam dengan baik. Dikatakannya, apabila hal tersebut dapat diwujudkan dengan baik, tidak perlu mengambil pasokan dari luar Kota dan Kabupaten Sukabumi, Sebab seluruh kebutuhan pangan di Kota dan Kabupaten Sukabumi bisa dipenuhi oleh produksi pertanian sendiri, dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Disamping itu, para petani pun bisa menyalurkan hasil produksi pangannya dengan baik, serta tidak akan terjadi flutuaktif harga, atau dengan kata lain harganya akan tetap stabil, sebab semua kebutuhan pangan tersedia dan mencukupi. Dikatakan pula, lahan pertanian yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi saat ini, dinilai oleh berbagai kalangan cukup baik, serta luasnya pun mencapai ribuan hektar. Dengan demikian, apabila lahan pertanian tersebut dikelola atau ditanami dengan baik dan profesional, dapat memenuhi kebutuhan pangan di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Leave a Reply