JALAN TIPAR GEDE KOTA SUKABUMI AKAN DIPERBAIKI DALAM TAHUN 2019 INI


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Suhendar Syarief, S.T., M.Eng. menjelaskan, Jalan Tipar Gede Kota Sukabumi menurut rencana akan diperbaiki dalam tahun 2019 ini. Karena kondisinya sudah memprihatinkan, serta mengganggu terhadap kelancaran arus lalu lintas dan aktivitas masyarakat di sepanjang jalan tersebut. Untuk itu, jalan tersebut menjadi prioritas perbaikan dan pemeliharaan jalan dalam tahun 2019 ini, untuk memperlancar arus lalu lintas dan aktivitas serta kenyamanan masyarakat di sepanjang jalan tersebut. Dijelaskannya, perbaikan dan pemeliharaan jalan tersebut, menurut rencana akan dilaksanakan dalam dua segmen, yakni untuk segmen pertama di kawasan pasar sebelah timur dan barat. Karena kawasan tersebut merupakan pusat aktivitas dan jual beli masyarakat.

Menyinggung pelaksanaan perbaikan dan pemeliharaan jalan tersebut, seperti dikatakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, apabila dananya dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi, pada bulan depan sudah bisa dimulai. Namun apabila dananya dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Pemerintah Pusat atau dari APBD Provinsi Jawa Barat harus menunggu proses lelang dulu. Karena untuk memperbaiki dan memelihara jalan tersebut memerlukan biaya yang cukup besar.

Dikatakan pula, selain akan memperbaiki dan memelihara Jalan Tipar Gede, juga akan memperbaiki dan memelihara jalan lainnya di Kota Sukabumi, terutama terhadap sejumlah jalan yang menjadi prioritas akan diperbaiki dan dipelihara. Selain itu juga dikatakan. Dinas Perhubungan Kota Sukabumi memiliki program prioritas dalam membangun serta memperbaiki dan memelihara jalan yang rusak di Kota Sukabumi, yakni program Sijabol (Siaga Jalan Bolong). Maksud dan tujuannya, untuk menampung keluhan dan aspirasi masyarakat Kota Sukabumi terhadap jalan yang mengaliami kerusakan di Kota Sukabumi, serta untuk membantu Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dalam melakukan pemetaan perbaikan dan pemeliharaan jalan yang rusak di Kota Sukabumi.

Berkaitan dengan hal tesebut, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, apabila ada jalan yang rusak di Kota Sukabumi agar dilaporkan ke Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, melalui program Sijabol, untuk secepatnya diantisipasi dan dimasukan dalam pemetaan perbaikan dan pemeliharaan jalan yang rusak di Kota Sukabumi.

Leave a Reply