PEMERINTAH KOTA SUKABUMI KEMBALI MERAIH HASIL EVALUASI SAKIP TAHUN 2018


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi kembali meraih hasil evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Tahun 2018,  dengan mendapat predikat BB dan meraih nilai 74,83. Hasil evaluasi tersebut diserahkan oleh MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, Syafruddin, kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, beserta 184 Kepala Daerah Kabupaten dan Kota serta Provinsi se Regional I Indonesia, tepatnya tanggal 28 Januari 2019, di Kota Bandung.

Adapun para pejabat yang turut serta mendampingi Wali Kota Sukabumi dalam menerima hasil evaluasi SAKIP tersebut, antara lain PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Inspektur Kota Sukabumi, Rudi Juhayat, S.H., Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho, A.P., M.T., Kepala Bagian Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) Setda Kota Sukabumi, Diar Ruswidjanarko, ATD., M.Eng.M., serta Kepala Bagian Humas (Hubungan Masyarakat) dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, S.STP., M.Si.

Usai menerima hasil evaluasi SAKIP tersebut, Wali Kota Sukabumi mengucap syukur dan merasa bangga, bahwa Pemerintah Kota Sukabumi dapat mempertahankan prestasi tersebut dengan mendapat predikat BB dan meraih nilai 74,83, serta senantiasa mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan diraihnya hasil evaluasi SAKIP tersebut, dapat menjadi motivasi dan penyemangat bagi seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk senantiasa berupaya optimal memberikan dan meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sebab dengan hal tersebut, masyarakat akan mendapatkan indeks kebahagiaan dan kepuasan, karena sudah dilayani dengan baik. Selain itu juga dapat melakukan efisiensi dalam melaksanakan program dan perencanaan pembangunan di berbagai widang. Maksud dan tujuannya, supaya pada tahun mendatang Pemerintah Kota Sukabumi dapat meraih hasil evaluasi SAKIP dengan mendapat predikat A.

Dikatakannya, dengan komitmen bersama seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), Pemerintah Kota Sukabumi dapat meraih hasil evaluasi SAKIP tersebut. Dikatakan pula, SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Disamping itu, dalam rangka komitmen meningkatkan kinerja di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, diterapkan sistem kolaborasi dan memaksimalkan penggunaan e-Performance dari setiap SKPD masing-masing.

Leave a Reply