PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SEDANG DIPERIKSA OLEH TIM AUDIT BPK RI PERWAKILAN PROVINSI JAWA BARAT


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi saat ini sedang diperiksa oleh Tim Audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Adapun kedatangan Tim Audit yang dipimpin oleh Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Arifa Kiswarida ini, diterima secara resmi oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., didampingi Inspektur Kota Sukabumi, Rudi Juhayat, S.H., di Operation Room Setda Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 29 Januari 2019. Hadir pada kesempatan tersebut/ para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi//

Sedangkan pemeriksaan tersebut dititikberatkan pada pemeriksaaan keuangan, sesuai dengan SPKN (Standar Pemeriksaaan Keuangan Negara), yang telah ditetapkan BPK RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pemeriksaan Interim LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah)  Tahun Anggaran  2018 pada Pemerintah Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD serta para pejabat dan pegawai terkait lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar merespon dan bekerjasama dalam Pelaksanaan Pemeriksaan Keuangan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat ini. Selain itu, apabila Tim Auditor dari BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat meminta berbagai dokumen yang diperlukan dan keterangan untuk melakukan pendalaman melalui wawancara, agar segera penuhi oleh para Kepala SKPD serta para pejabat dan pegawai terkait lainnya. Maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan Pelaksanaan Pemeriksaan Keuangan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Wakil Wali Kota Sukabumi menandaskan, Pelaksanaan Pemeriksaan Keuangan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat ini, harus direspon dan dihadapi secara sungguh-sungguh, dan apabila ada permasalahan yang dihadapi harus didiskusikan sekaligus dicarikan solusi terbaiknya secara bersama-sama. Namun untuk mendiskusikan dan mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, syaratnya seluruh pekerjaan harus sudah selesai dilaksanakan, disertai pertanggungjawaban, administrasi dan seluruh dokumen pekerjaan.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, Pemerintah Kota Sukabumi dapat meraih kembali Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI. Untuk itu, Wakil Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh Kepala SKPD serta para pejabat dan pegawai terkait lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas dan pengabdian dengan baik dan benar, khususnya dalam melakukan pengelolaan keuangan di SKPD-nya masing-masing, supaya Pemerintah Kota Sukabumi dapat meraih kembali Opini WTP dari BPK RI.

Leave a Reply