PELAYANAN JEMPUT BOLA BPJS KESEHATAN

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RATNA NURSEHA

BPJS Kesehatan adalah badan penyelenggara jaminan sosial khusus untuk kesehatan. BPJS merupakan transformasi dari PT Askes (persero), fungsi utama dari BPJS kesehatan ialah menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pada prosesnya, BPJS Kesehatan membantu menjamin kesehatan dengan program-program asuransi kesehatan. Asuransi BPJS kesehatan saat mudah diakses dengan kerjasama rumah sakit yang sangat luas di seluruh Indonesia.

Untuk mendukung layanannya, BPJS kesehatan melayani baik secara langsung melalui kantor dan online melalui website bpjs yang dapat diakses secara online. Pembukaan atau pendaftaran bpjs juga sangat mudah dengan jumlah iuran bpjs kesehatan yang juga terjangkau. Berbagai keperluan terkait layanan BPJS kesehatan juga bisa dilakukan secara bpjs online seperti cek status bpjs kesehatan, pembayaran bpjs, dan lainnya.

Pada tahun 2019 ini BPJS Kesehatan Cabang utama Sukabumi melaksanakan pelayanan jemput bola ke instansi-instansi pemerintah dikota sukabumi yang di laksanakan sejak awal Januari 2019 di SKPD maupun di kelurahan kelurahan yang ada di kota sukabumi.

Petugas Pelayanan MCS BPJS Kesehatan, Dicky Kusnandar, saat melakukan kunjungan jemput bola di Dinas Kominfo Kota Sukabumi, menjelaskan bahwa program ini merupakan program awal tahun dari kantor BPJS kesehatan dengan mendatangi instansi pemerintah atau SKPD yang ada di kota sukabumi. Program ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi ASN yang akan mendftarkan anggota keluarganya, melakukan perubahan data kepesertaan BPJS, namun terkendala waktu dan kondisi tidak dapat meninggalkan pekerjaan, maka petugas BPJS datang langsung ke tiap Dinas.

Sebelumnya, tahun 2018 BPJS melakukan program jemput bola di kelurahan kelurahan yang ada di kota sukabumi. Adapun pelayanan yang diberikan dalam program jemput bola adalah penambahan kepesertaan anak, pindah Faskes, dan lain-lain.

Di jelaskan pula bila ada masyarakat yang belum terdaftar atau tidak tercatat sebagai penerima bantuan dari pemerintah bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan cabang Sukabumi atau melalui mobile costumer service (MCS) dengan membawa KTP asli dan Kartu keluarga serta nomor rekening tabungan.

Leave a Reply