SETIAP KENDARAAN YANG DIPARKIR SEMBARANGAN AKAN DITINDAK TEGAS

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Kepala Bidang LLA (Lalu Lintas dan Angkutan) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, H.R. Imran Whardhani, A.Md.LLAJ., S.IP., M.Si., setiap kendaraan yang diparkir sembarangan di trotoar atau badan jalan yang masuk kawasan zona larangan parkir di Kota Sukbumi, akan ditindak tegas dan dikenakan sanksi serta akan diderek. Dilaksanakannya tindakan tegas tersebut, sesuai dengan Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perhubungan, yang didalamnya juga mengatur tentang penindakan terhadap setiap kendaraan yang diparkir sembarangan.

Ditandaskan pula, untuk melaksanakan penertiban dan penindakan terhadap setiap kendaraan yang diparkir sembarangan tersebut, saat ini pihaknya sedang menyusun rencana pelaksanaan operasi gabungan, yang personilnya terdiri dari berbagai instansi, dari mulai Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota dan Dinas Sat Pol PP Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi.

Sedangkan jalur jalan yang akan dijadikan sasaran pelaksanaan operasi gabungan tersebut, yakni sepanjang Jalan A. Yani dan Jalan Ir. H. Juanda Kota Sukabumi. Karena setelah ditetapkan larangan parkir di dua jalur jalan tersebut, namun berdasarkan hasil pemantauan pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, sampai saat ini masih banyak kendaraan yang diparkir di dua jalur jalan tersebut.

Selain itu juga ditandaskan, dilaksankannya penertiban dan penindakan terhadap setiap kendaraan yang diparkir di dua jalur jalan tersebut, sebagai salah satu upaya untuk memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat pejalan kaki, juga untuk menunjang kelancaran lalu lintas di dua jalur jalan tersebut.

Dalam pada itu, Kepala UPT (Unit Pelaksana Tugas) Parkir Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Rudi Hartono, S.Kom. menjelaskan, diterbitkannya Perda Kota Sukabumi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perhubungan tersebut, diantaranya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas dan memarkirkan kendaraannya. Selain itu juga untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi dari sektor parkir kendaraan. Karena setiap kendaraan akan diparkir di tempatnya.

Leave a Reply