DANA KELURAHAN DI KOTA SUKABUMI AKAN DIKUCURKAN PADA BULAN MARET 2019

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho, A.P., M.T. mengungkapkan, Dana Kelurahan di Kota Sukabumi, untuk tahap pertama menurut rencana akan dikucurkan pada bulan Maret 2019. Sedangkan untuk tahap kedua menurut rencana akan dikucurkan pada bulan Agustus 2019. Adapun besaran dana tersebut, untuk setiap kelurahan masing-masing kurang lebih Rp. 352 juta.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melakukan pengelolaan dan penggunaan dana tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi saat ini sedang fokus menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) Pengelola Anggaran Dana Kelurahan, diantaranya dengan menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis), untuk para Kuasa Pengguna Anggaran, Pengguna Anggaran dan Bendahara Pengeluaran di setiap kelurahan dan kecamatan se Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya dana tersebut dapat dikelola dan digunakan dengan baik, sesuai dengan peruntukkannya.

Dikatakannya, pihak Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, hingga saat ini masih berpedoman pada Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan serta Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan. Dikatakan pula, Permendagri tersebut mengatur dua substansi pokok, yakni Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan serta Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, sebagai pedoman dalam melakukan pengelolaan dan penggunaan anggaran yang bersumber dari dana kelurahan untuk tahun anggaran 2019.

Selain itu, juga untuk mengevaluasi kinerja kecamatan dan kelurahan di Kota Sukabumi sudah disiapkan, supaya pengelolaan dan penggunaan dana tersebut dapat dimonitor dengan baik. Sebab hingga saat ini, ampir seluruh Program Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kota bermuara di kelurahan, serta dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi mengharapkan, pelaksanaan pengucuran dana tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Demikian pula pengelolaan dan penggunaan dana tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, sehingga Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan serta Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan di Kota Sukabumi, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Leave a Reply