PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MEMBANGUN ULANG PASAR LEMBURSITU DAN PASAR GUDANG

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Setelah berhasil membangun sekaligus meresmikan Pasar dan Pusat Kuliner Dewi Sartika yang sebelumnya dikenal Pasar Geledog serta memberpaiki Pasar Degung Kota Sukabumi, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, pada tahun 2019 ini menurut rencana akan membangun ulang Pasar Lembursitu dan Pasar Gudang Kota Sukabumi.

Karena kondisinya sudah tidak memadai dan kumuh serta tidak bersih dan nyaman, baik untuk para pembeli maupun untuk para pedagang di kedua pasar tersebut. Adapun upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan pembangunan ulang terhadap kedua pasar tersebut, pihak Diskop UKM-PP Kota Sukabumi saat ini sedang menyiapkan DED (Detail Engineering Design) pembangunan kedua pasar tersebut.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, maksud dan tujuan akan dibangunnya kembali kedua pasar tersebut, untuk meningkatkan keamanan dan kebersihan sekaligus memberikan kenyamanan kepada pembeli dan pedagang di kedua pasar tersebut. Selain itu Wali Kota Sukabumi juga menandaskan, pihaknya menargetkan seluruh pasar di Kota Sukabumi terutama yang bangunannya sudah tidak memadai dan kumuh, akan dibangun ulang secara bertahap. Supaya seluruh pasar di Kota Sukabumi bisa baik, aman, nyaman, bersih dan sehat, sehingga dapat meningkatkan para pembeli, yang pada akhirnya dapat mendongkrak dan meningkatkan perekonomian di Kota Sukabumi.

Sementara Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menandaskan, Pasar Lembursitu dan Pasar Gudang Kota Sukabumi ini, menurut rencana akan dibangun ulang dengan konsep yang bersih dan tidak kumuh. Maksud dan tujuannya, supaya dapat memberikan dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan kepada masyarakat pada saat melakukan transaksi jual beli.

Menyinggung anggaran untuk biaya pembangunan kedua pasar tersebut, menurut Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi diperkirakan mencapai Rp. 25 milyar, yakni untuk Pasar Lembursitu diperkirakan mencapai Rp. 10 milyar, dan untuk Para Gudang perkirakan antara Rp. 10 sampai dengan Rp. 15 milyar. Untuk itu, pihaknya saat ini sedang berupaya optimal mencari anggaran untuk pembangunan kedua pasar tersebut, baik dari anggaran yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi maupun dari APBD Provinsi Jawa Barat atau dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Pemerintah Pusat.

Leave a Reply