SELURUH LAPISAN MASYARAKAT KOTA SUKABUMI AGAR MENGGIATKAN KEMBALI GERAKAN JUMSIH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Sukabumi agar menggiatkan kembali Gerakan Jumsih (Jumat Bersih) di lingkungannya masing-masing. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan kebersihan, kesehatan dan keindahan lingkungan, serta untuk meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), termasuk untuk menghindari munculnya berbagai jenis penyakit, seperti diare dan DBD (Demam Berdarah Dengue).

Himbauan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat melaksanakan Jumsih, yakni menyapu berbagai jenis sampah bersama dengan Tim Kebersihan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, tepatnya di Jalan A. Yani Kota Sukabumi.

Dikatakannya, diriya sengaja turun langsung melaksanakan Gerakan Jumsih di Jalan A. Yani Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk memotivasi dan membangkitkan semangat masyarakat, agar melaksanakan dan membudayakan kembali Gerakan Jumsih di lingkungannya masing-masing. Dikatakan pula, Gerakan Jumsih ini sudah dicanangkan oleh Wali Kota Sukabumi, tepatnya pada bulan September 2019 yang lalu.

Lebih jauh dikatakan, Gerakan Jumsih ini diberlakukan di seluruh tingkatkan pemerintahan dan masyarakat, dari mulai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) serta Kecamatan dan Kelurahan, termasuk Perusahaan yang ada di wilayah Kota Sukabumi, supaya melaksanakan Gerakan Jumsih secara rutin di lingkungannya masing-masing.

Sementara Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. mengharapkan, Gerakan Jumsih ini tidak hanya dilaksanakan pada hari Jumat saja, tapi juga dapat dilaksanakan pada hari-hari lainnya. Karena yang namanya sampah senantiasa ada setiap hari. Diharapkan pula, Gerakan Jumsih ini dapat dimulai dari lingkungan rumah masyarakat masing-masing dan sekitarnya. Dengan demikian, setiap lingkungan rumah masyarakat dan sekitarnya di Kota Sukabumi bisa lebih bersih serta lebih sehat dan lebih indah lagi.

Kepala DLH Kota Sukabumi juga menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar memilah terlebih dahulu sampah yang akan dibuang, yakni sampah organik berupa sisa makanan, daun dan potongan rumput, supaya dijadikan bahan pupuk organik atau kompos, dan sampah anorganik, seperti plastik, botol plastik, tas plastik, kaleng dan serbagainya.

Leave a Reply