AJANG KOMPETISI SENI DAN OLAH RAGA MADRASAH TAHUN 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RATNA NURSEHA

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, membuka Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat MI, MTs, dan MA, Senin, 4 Febuari 2019, di lapangan upacara YLPI (Yayasan Lembaga Pendidikan  Islam) Ibadurrahman, Tegallega, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi.Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan, bahwa madrasah harus hebat dan bermartabat. Slogan ‘lebih baik madrasah dan madrasah lebih baik’ telah terbukti. Dijelaskan pula, dalam Hymne madrasah dikatakan bahwa madrasah tumpuan harapan umat, membentuk jiwa berakhlakul karimah, menjawab arus tantangan jaman, menuju utuhnya moral.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan, DR. H. Fahrudin, M. Ag. menjelaskan, acara ini di selenggarakan dalam rangka meningkatkan mutu siswa dan siswi madrasah mulai dari tingkat MI, MTS hingga MA di Kota Sukabumi. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memilih siswa/siswi berprestasi, unggul, kompetitif, dan berdaya saing dibidang seni dan olah raga, serta mempersiapkan siswa/siswi yang berprestasi pada kegiatan Aksioma Tingkat Propinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan di kota Bekasi pada tanggal 20-21 Februari 2019 .

Dijelaskan pula, kegiatan ini berlangsung mulai hari Senin sampai Kamis, 4-7 Februari 2019 bertempat di YLPI, MAN 1, MAN 2 dan Yayasan Syamsul Ulum Kota Sukabumi. Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 1.464 orang siswa/siswi dari 72 Madrasah. Terdiri dari peserta MI sebanyak 594 orang berasal dari 27 MI, MTs sebanyak 515 orang berasal dari 26 MTs dan MA sebanyak 355 dari 19 madrasah. Adapun cabang yang dipertandingkan, diantaranya,  untuk tingkat MI terdapat 8 cabang terdiri dari lari, tenis meja, bulu tangkis, futsal, MTQ, MHQ, pidato dan Kaligrafi. Sementara untuk tingkat MTS, terdapat 10 cabang, terdiri dari Voli, bulu tangkis, atletik, tenis meja, kaligrafi, singer, pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, MHQ serta MTQ. Sedangkan untuk tingkat MA, terdapat 9 cabang, yakni pidato bahasa arab, bahasa inggris, MHQ, MTQ, Futsal, Bulu tangkis, dan tenis meja.

Leave a Reply