PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH MELAKSANAKAN UJI KOMPETENSI JPT PRATAMA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, sudah melaksanakan Uji Kompetensi JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) Pratama, di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Kegiatan yang berlangsung tanggal 7 Februari 2019, di Hotel Horison Sukabumi ini, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi menjelaskan, dilaksanakannya Uji Kompetensi JPT Pratama ini, sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan anjuran Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat, dalam melakukan pemetaan kompetensi aparatur. Selain itu, juga untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan peran aparatur pemerintah yang benar-benar dinamis. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa ekspektasi masyarakat saat ini sangat tinggi, yakni menginginkan perubahan pembangunan dari pemerintah. Dijelaskan pula, hasil dari kegiatan Uji Kompetensi JPT Pratama ini, akan digunakan dan dijadikan pemetaan kompetensi aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk merespon secara cepat terhadap berbagai harapan dan keinginan masyarakat.

Wali Kota Sukabumi mengungkapkan, JPT ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS (Pegawai Negeri Sipil) diantaranya menyebutkan, bahwa JPT ini terdiri JPT Utama, JPT Madya dan JPT Pratama.. JPT ini berfungsi memimpin dan memotivasi setiap PNS atau ASN (Aparatur Sipil Negara) pada Instansi Pemerintah. Diungkapkan pula, JPT ini diisi dari kalangan PNS atau ASN yang memenuhi persyaratan. Namun untuk JPT Utama dan JPT Madya tertentu, menurut Peraturan Pemerintah tersebut, dapat diisi dari kalangan non PNS atau ASN, dengan persetujuan Presiden, yang pengisiannya dilakukan secara terbuka dan kompetitif, serta ditetapkan dalam Keputusan Presiden. Kecuali untuk JPT Utama dan JPT Madya di bidang rahasia negara, pertahanan, keamanan, pengelolaan aparatur negara, kesekretariatan negara, pengelolaan sumber daya alam dan bidang lain yang ditetapkan oleh Presiden.

Adapun persyaratan untuk dapat diangkat dalam JPT Pratama, yakni PNS atau ASN yang memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural, sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang ditetapkan. Selanjutnya memiliki pengalaman jabatan, khususnya yang berkaitan dengan jabatan yang akan diduduki, secara kumulatif sekurang-kurangnya selama 5 tahun. Selain itu, sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional sekurang-kurangnya selama 2 tahun, memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik, usia paling tinggi 56 tahun, serta sehat jasmani dan rohani.

Leave a Reply