KPU KOTA SUKABUMI AKAN MENINGKATKAN ANGKA PARTISIPASI PEMILIH PEMILU

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, akan berupaya optimal meningkatkan angka partisipasi pemilih masyarakat Kota Sukabumi pada Pemilu (Pemilihan Umum) Serentak Tahun 2019, yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI serta Pemilu Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 17 April 2019 yang akan datang, yakni bisa mencapai angka 80 persen. Kendati secara nasional, menurut Ketua KPU Kota Sukabumi, Dra. Sri Utami, M.M., angka partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2019 ini, ditargetkan mencapai 77,5 persen.

Namun demikian, KPU Kota Sukabumi menargetkan dapat melampaui target nasional, yakni bisa mencapai angka 80 persen angka partisipasi pemilih masyarakat Kota Sukabumi pada Pemilu Serentak Tahun 2019. Karena angka partisipasi pemilih masyarakat Kota Sukabumi pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 yang lalu, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi mencapai angka 78 persen.

Dikatakannya, untuk mencapai angka tersebut, diperlukan adanya dukungan dari berbagai pihak, yakni dari pemerintah, Parpol (Partai Plitik) Peserta Pemilu dan masyarakat. Bekaitan dengan hal tersebut, KPU Kota Sukabumi sudah melakukan koodinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi, agar membantu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Kota Sukabumi, melalui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi.

Demikian pula KPU Kota Sukabumi, melalui PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) se Kota Sukabumi, terus berupaya optimal melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Sukabumi, tentang pentingnya hak suara dan menyalurkan suara pada Pemilu, untuk menentukan nasib serta masa depan bangsa dan negara. Oleh karenanya, PPK dan PPS se Kota Sukbumi terus bergerak melakukan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat Kota Sukabumi hingga ke tingkat ke RW dan RT.

Selain itu, KPU Kota Sukabumi juga membentuk Relasi (Relawan Demokrasi) Kota Sukabumi, sebagai ujung tombak dalam meningkatkan angka partisipasi pemilih masyarakat Kota Sukabumi pada Pemilu Serentak Tahun 2019, baik secara kualitas maupun secara kuantitas. Ketua KPU Kota Sukabumi menjelaskan, dibentuknya Relasi Kota Sukabumi ini, untuk meningkatkan dan menjangkau seluruh segmentasi pemilih, seperti segmen pemilih pemula, perempuan, disabilitas dan yang lainnya, terutama yang tidak tercover oleh KPU Kota Sukabumi.

Leave a Reply