DPU-PRP-KPP KOTA SUKABUMI AKAN MEMPERKETAT PEMBERIAN REKOMTEK RELOKASI ALIRAN SUNGAI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui DPU-PRP-KPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Sukabumi, akan memperketat pemberian Rekomtek (Rekomendasi Teknis) Relokasi Aliran Sungai di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, seperti dijelaskan Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, S.T., untuk menekan dan mengurangi dampak dari perubahan aliran sungai di Kota Sukabumi, khususnya bencana banjir.

Sebab relokasi aliran sungai merupakan salah satu hal melawan alam, karena aliran sungai terbentuk secara alami. Untuk itu, pihaknya akan memperketat pemeriksaan dan pengkajian dokumen pengajuan Rekomtek Relokasi Aliran Sungai di Kota Sukabumi. Dikatakannya, dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 26 Tahun 2015 tentang Pengalihan Alur Sungai diperbolehkan, namun harus sesuai dan harus memenuhi ketentuan teknis yang telah ditetapkan.

Selain itu, gambar rencana trase pengalihan arus sungai pun harus lengkap dengan prasarana penunjangnya, termasuk hasil pemeriksaan dan penghitungan luas alur sungai lama yang akan dialihkan dan luas sungai baru harus sesuai. Dikatakan pula, pengalihan arus sungai pun harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya harus memperhatikan kepentingan para pemakai air sungai yang sudah ada, memperhatikan fungsi pengaliran sungai ditinjau dari aspek hidrologi, hidrolika dan lingkungan.

Lebih jauh dikatakan, dalam pasal 5 ayat 3 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 26 Tahun 2015 tentang Pengalihan Alur Sungai, disebutkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya harus mempertimbangkan asfek morfologi, perlindungan dan pelestarian fungsi sungai dan mempertahankan fungsi sarana dan prasarana sungai, serta menjamin keberlanjutan fungsi pengaliran sungai.

Menyinggung Rekomtek Relokasi Aliran Sungai yang dikeluarkan oleh DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, menurut Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2019, pihak DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi hanya mengeluarkan satu Rekomtek Pengalihan Alur Sungai di Kota Sukabumi. Namun pemeriksaan terhadap berkas perencanaan dan berbagai persayaratannya pun dilkukan secara ketat dan menditel, supaya tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan di sekitarnya, khususnya bencana banjir.

Leave a Reply