PEMERINTAH KOTA SUKABUMI TIDAK IKUT MELAKUKAN PEREKRUTAN PPPK

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi tidak ikut melakukan perekrutan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), yang saat ini pendaftarannya sudah dibuka oleh Pemerintah Pusat melalui KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, yakni untuk tahap pertama dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 16 Februari 2019, dan untuk tahap kedua akan dilaksanakan setelah Pemilu (Pemilihan Umum) Serentak Tahun 2019.

Adapun yang menjadi alasannya, menurut Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, karena terlambatnya informasi tentang hal tersebut serta belum tersedianya anggaran, sehingga Pemerintah Kota Sukabumi tidak ikut melakukan perekrutan pegawai tersebut. Dijelaskannya, informasi tentang perekrutan pegawai tersebut baru diterima Pemerintah Kota Sukabumi pada akhir bulan Januari 2019. sehingga Pemerintah Kota Sukabumi tidak sempat melakukan perencanaan dan persiapan perekrutan pegawai tersebut, karena waktunya sangat mepet.

Dijelaskan pula, disamping terlambatnya informasi yang diterima, juga anggaran untuk pegawai tersebut dibebankan kepada Pemerintah Daerah, sehingga Pemerintah Kota Sukabumi tidak sempat merencanakan dan menyiapkan anggaran untuk pegawai tersebut, sebab perencanaan dan penyiapan anggaran tersebut tidak bisa dilakukan di tengah perjalanan anggaran yang sedang dilaksanakan.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi kemungkinan baru akan merekrut pegawai tersebut pada tahun depan. Untuk itu, perencanaan dan penyiapan perekrutan pegawai tersebut termasuk perencanaan dan penyiapan anggarannya akan direncanakan dan disiapkan dari sekarang. Maksud dan tujuannya, supaya pada tahun depan Pemerintah Kota Sukabumi bisa merekrut pegawai tersebut.  Karena Pemerintah Kota Sukabumi, hingga saat ini masih mengalami kekurangan pegawai.

Adapun upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Sukabumi khususnya dalam mengantisipasi dan menanggulangi kekurangan pegawai ini, diantaranya dengan melakukan efisiensi dan modernisasi, baik melalui alat maupun sistem, terutama yang dapat membantu terhadap kelancaran dan keberhasilan kinerja Pemerintah Kota Sukabumi.

Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi juga senantiasa berupaya optimal meningkatkan kemampuan, pengetahuan, wawasan dan keterampilan para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik dan berkualitas lagi, diantaranya melalui berbagai Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) dan Bimtek (Bimbingan Teknis) dalam berbagai bidang, untuk menunjang kelancaran dan kerberhasilan pelaksanaan tugas, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) serta bidang masing-masing.

Leave a Reply