BERBAGAI PROGRAM PMI DIHARAPKAN DAPAT BERSINERGI DENGAN PROGRAM RPJMD KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Berbagai program yang dirumuskan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi, diharapkan dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan program yang telah dirumuskan dalam dokumen RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan serta mewujudkan Visi dan Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Musker (Musyawarah Kerja) PMI Kota Sukabumi Tahun 2019, tepatnya tanggal 13 Februari 2019, di Operation Room Setda Kota Sukabumi. Dijelaskannya, Musker PMI Kota Sukabumi ini, merupakan ajang pelaporan dan pertanggungjawaban program dan kegiatan PMI tahun 2018, untuk dimusyawarahkan dan dievaluasi serta dilakukan perbaikan dan ditingkatlan pada tahun selanjutnya.

Sementara Ketua PMI Kota Sukabumi. drh. H. Suranto Sumowiryo menjelaskan, dilaksanakannya Musker PMI Kota Sukabumi ini, selain untuk mengevaluasi berbagai program dan kegiatan yang sudah dilaksankan PMI Kota Sukabumi pada tahun 2018, juga untuk menghasilkan berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan PMI pada tahun 2019.

Dikatakannya, PMI Kota Sukabumi sebagai mitra kerja strategis Pemerintah Kota Sukabumi, akan senantiasa fokus dan berupaya optimal pada strategi pengembangan kelembagaan. Berkaitan dengan hal tersebut, PMI Kota Sukabumi membutuhkan strategi serta program dan kegiatan yang baik dan tepat, untuk menjalankan dan meningkatkan tugas dan fungsi PMI, khususnya dalam bidang kemanusiaan.

Dikatakan pula, PMI merupakan salah satu aset bangsa dan negara. Oleh karenanya, keberadaan PMI ini harus senantiasa dijaga dan dipelihara, sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan, serta harus dikelola dengan baik dan profesional, amanah, netral dan mandiri. Disamping itu, PMI juga dituntut untuk senantiasa berada digaris terdepan, khususnya dalam penanganan bencana, pengelolaan darah dan tugas kemanusiaan lainnya, dengan tidak membeda-bedakan latar belakang dan golongan.

Untuk itu, Ketua PMI Kota Sukabumi menghimbau kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota PMI Kota Sukabumi, agar senantiasa bersinergi dan berkolaborasi, serta berperan dan berpartisi secara aktif, termasuk dalam melaksanakan sosialisasi berbagai program dan kegiatan serta tugas dan fungsi PMI, kepada segenap lapisan masyarakat.

Leave a Reply