DISKOMINFO KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN BIMTEK APLIKASI SUPER

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis) Aplikasi Super (Sukabumi participatory responder) kepada para pejabat penghubung di setiap SKPD pada pemerintah kota sukabumi, di hotel horizon kota sukabumi, hari Kamis, 14 Februari 2019.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi, H.Achmad Fahmi, menyatakan bahwa Aplikasi SUPER yang merupakan salah satu bagian Program 100 hari kerja wali kota – wakil wali kota 2019 -2023, dan diluncurkan pada 17 desember 2018 lalu merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat seperti pesan yang selalu disampaikannya kepada para ASN, agar negara hadir di tengah – tengah masyarakat, dan keberadaannya sangat dirasakan oleh masyarakat karena merupakan salah satu tugas Pemerintah adalah untuk melindungi warga masyarakat.

Sementara kepala dinas komunikasi dan informatika, Drs. H.Gabril Majid Sukarman, M.Pd, mengatakan sejak peluncurannya aplikasi ini semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. hal ini terbukti dengan data yang menunjukkan pada periode desember 2018, super menerima 20 pengaduan, sedangkan pada bulan januari 2019 menerima 28 pengaduan yang secara umum berkaitan dengan pelayanan dasar publik. mengenai kecepatan respon dari setiap SKPD dinilai semakin membaik, karena dari 28 pengaduan tercatat 7 pengaduan direspon dalam jangka waktu 1 hari dan 5 pengaduan direspon 0 hari atau pengaduan dan respon pada hari yang sama.

Pemerintah kota sukabumi melalui dinas komunikasi dan informatika sebelumnya telah mengelola pengaduan masyarakat melalui sistem pemerintah pusat E-Lapor dan aplikasi super pun telah terintegrasi dengan sistem Elapor yang merupakan pusat pengaduan layanan publik nasional.

Tampil sebagai narasumber pada Bimtek tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik dan Statistik, Tantan Sontani, S.IP, M.Si, Kepala Seksi Infrastruktur TIK, Gian Purnama, S.T., dan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Opini Publik, Riksan Satyaprawira, S.S., sedangkan moderator Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Kurnia Rahmandani, S.IP., M.AP.

Leave a Reply