SEMUA PIHAK AGAR MELAKUKAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DI CIKUNDUL

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menghimbau kepada semua pihak khususnya kepada pihak Kelurahan Cikundul dan Kecamatan Lembursitu serta Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata) Cikundul dan masyarakat, agar senantiasa berkomitmen dan berupaya optimal melakukan peningkatan dan pengembangan objek wisata di Cikundul, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, supaya menjadi objek wisata yang baik dan menarik bagi para wisatawan. Karena kolaborasi dan peran aktif Kelurahan Cikundul dan Kecamatan Lembursitu serta Kompepar Cikundul dan masyarakat, menjadi salah satu faktor penentu dan utama dalam upaya meningkatkan dan mengembangan objek wisata di Cikundul.

Himbauan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat meresmikan pembukaan objek wisata baru di Kota Sukabumi, yakni Bukit Cigedud, tepatnya di KCA (Kawasan Agrowisata Cikundul), Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Dijelaskannya, Kota Sukabumi memiliki potensi objek wisata, diantaranya objek wisata Bukit Cigedud. Namun untuk meningkatkan dan mengembangkannya, semua pihak harus memiliki kesepakatan untuk memajukan, meningkatkan dan mengebangkannya. Selain itu, juga harus memiliki political will atau intervensi secara politik, serta melakukan komunikasi dengan berbagai pihak khususnya dengan instansi dan lembaga terkait. Maksud dan tujuannya, supaya objek wisata tersebut dapat dikenal oleh para wisatawan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Wali Kota Sukabumi menandaskan, negara-negara maju yang kini disorot oleh berbagai pihak di dunia, yakni mengenai keberhasilannya dalam memajukan dan meningkatkan serta mengembangkan objek wisata di negaranya masing-masing. Hal tersebut menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Sukabumi dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait lainnya, khususnya dalam memajukan dan meningkatkan serta mengembangkan objek wisata di Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, apabila Indonesia termasuk Kota Sukabumi ingin bersaing di kancah dunia, jangan bersaing di bidang teknologi, karena tidak bisa bersaing dengan Korea, dan apabila ingin bersaing di bidang insfrastruktur tidak bisa bersaing dengan Singapura. Untuk itu, apabila Indonesia termasuk Kota Sukabumi ingin bersaing dan unggul di kancah dunia, bangkitkan dan majukan serta tingkatkan dan kembangkan bidang kepariwisataan,  karena tidak semua negara memiliki potensi dan objek wisata. Sedangkan Indonesia, hampir di seluruh daerah kabupaten dan kota memiliki potensi wisata yang dapat dimajukan dan ditingkatkan serta dikembangkan untuk dijadikan objek wisata yang baik dan menarik bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Leave a Reply