PENGURUS DEKRANASDA KOTA SUKABUMI RESMI DILANTIK

Reporter/Redaktur/Editor : RATNA NURSEHA

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, melantik jajaran pengurus Dekranasda Kota Sukabumi periode tahun 2018-2023, sekaligus membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dekranasda Kota Sukabumi tahun 2019, di Hotel Santika Sukabumi, Senin, 18 Februari 2019. Dalam kesempatan tersebut, Wali kota mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan Dekranasda Kota Sukabumi periode 2018-2023. Kepengurusan ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari program pembangunan di daerah.

Selanjutnya dijelaskan, banyak sekali organisasi di daerah yang melekat dengan jabatan, baik jabatan kepala daerah maupun jabatan struktural di pemerintahan. Organisasi ini melekat tentunya dengan harapan dapat tumbuh dan berkembang lebih kokoh dan kuat. Termasuk juga Dekranasda, secara ex officio ketua Dekrenasda dijabat oleh istri kepala daerah dalam hal ini di kota Sukabumi dijabat oleh istri Wali Kota, ini menunjukkan bahwa organisasi dekranasda merupakan salah satu gerbong untuk mempercepat proses pembangunan khususnya dibidang ekonomi.

Ditandaskan pula, tidak bisa dipungkiri bahwa telah terjadi dinamika dalam perjalanan perekonomian baik secara lokal, regional maupun nasional. Kehadiran Dekranasda diharapkan dapat menjadi pendorong kemajuan ekonomi di daerah. Dekranasda juga diharapkan mampu menghimpun para pengrajin lokal. Karena selama ini yang menjadi permasalahan adalah para pengrajin di daerah memiliki produk tapi tidak tahu kemana harus dipasarkan, bagaimana cara meningkatkan kualitas produknya, termasuk bagaimana meningkatkan kelas mereka. Hal ini tentu harus menjadi perhatian semua pihak termasuk Dekranasda. Wali kota mengharapkan kepengurusan Dekranasda mampu betul-betul bekerja keras untuk turut membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Kota Sukabumi melalui pengembangan ekonomi kreatif.

Wali kota dan Wakil Wali kota memiliki semangat yang dituangkan dalam visi misi dalam membangun kota Sukabumi secara kolaboratif. Dengan dilantiknya kepengurusan Dekranasda ini, selama lima tahun ke depan diharapkan dalam visi misinya mampu mengakomodir berbagai pihak dalam pembangunan ekonomi kreatif. Diharapkan pula, Dekranasda dapat berkolaborasi dengan program Kece (Kelurahan Enterpreneurship Center) dalam membantu menciptakan wirausaha muda. Kedepan, Dekranasda juga diharapkan mampu berkolaborasi dengan program Little Sukabumi dan Sukabumi Creatif Hub dalam memperkenalkan Sukabumi melalui produk kerajinan khas Kota Sukabumi di kota-kota besar. Intinya adalah jajaran kepengurusan yang baru ini dapat mengambil peran dalam percepatan pembangunan ekonomi di Kota Sukabumi.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi mengatakan, Musyawarah daerah (musda) ini adalah sebagai sarana bagi pengurus yang baru saja dilantik untuk lebih menggali berbagai potensi yang ada di kota Sukabumi termasuk membahas tantangan yang dihadapi serta solusinya.

Ditambahkan pula, cita-cita Dekranasda ingin memunculkan para pengrajin di Kota Sukabumi dengan harapan dapat mendongkrak perekonomian mereka. Dalam musda ini juga akan dibahas mengenai pemasaran hasil produk para pengrajin Kota Sukabumi baik melalui pemasaran konvensional maupun melalui pemasaran secara daring. Ke depan, diharapkan para pelaku bisnis di Kota Sukabumi mau berkolaborasi dengan para pengrajin dalam hal pelatihan dan pengembangan serta pemasaran  produk kerajinan khas Kota Sukabumi, agar dapat dikenal tidak hanya di pasar lokal tetapi juga dapat dipasarkan secara online supaya dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Leave a Reply