RENSTRA PERANGKAT DAERAH MERUPAKAN DOKUMEN PERENCANAAN PERANGKAT DAERAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Renstra (Rencana Strategis) Perangkat Daerah merupakan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah untuk periode 5 tahun ke depan. Hal tersebut disampaikan PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., saat membuka secara resmi Bimtek (Bimbingan Teknis) Penyusunan Dokumentasi Renstra Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yang berlangsung selama 2 hari, di Hotel Maxone Kota Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Bimtek tersebut, supaya sasaran program dan kegiatan pembangunan khususnya dalam pelaksanaan urusan pemerintahan wajib dan pilihan, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) setiap Perangkat Daerah, yang disusun berpedoman pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan bersifat indikatif.

PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengharapkan, melalui Bimtek ini seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen mewujudkan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera. Selain itu, juga untuk meningkatkan komitmen dalam menyusun Renstra yang tepat waktu, tepat mutu dan berkualitas.

Sementara Kepala Bidang PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi selaku Ketua Panitia Penyelenggara, Sulaeman, S.IP., M.Ak. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Bimtek ini, diantaranya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dan menyamakan persepsi terhadap berbagai aturan, khususnya yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan, baik nasional maupun daerah.

Selanjutnya untuk menuangkan komitmen dan menyamakan persepsi dalam melaksanakan sistem perencanaan pembangunan daerah, antara Pemerintah Kota Sukabumi, Perangkat Daerah dan masyarakat, serta meningkatan kemampuan teknis, wawasan dan keterampilan aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam menyusun Dokumen Renstra Perangkat Daerah.

Adapun peserta yang mengikuti Bimtek ini seluruhnya berjumlah 40 orang, utusan dari setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) se Kota Sukabumi. Sedangkan yang bertindak sebagai nara sumber, yakni Tenaga Ahli Ditjen (Direktorat Jenderal) Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Rico Arya Prasestya, S.E., M.Si.

Leave a Reply