KEBERADAAN KOPERASI SANGAT PENTING

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Keberadaan koperasi sangat penting, karena pada masa mendatang akan menjadi penggerak ekonomi yang dominan. Untuk itu, adanya kebijakan atau peraturan dan perundang-undangan pemerintah yang mengatur tentang kehidupan koperasi sangat penting. Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Peraturan dan Perundang-Undangan Perkoperasian, di Hotel Maxone Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian KUKM (Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah) RI, Rully Indrawan.

Ditandaskannya, Pemerintah melalui Kementerian KUKM  RI, saat ini sedang gencar melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap koperasi. Maksud dan tujuannya, untuk melahirkan koperasi yang lebih berkualitas, sekaligus menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia. Ditandaskan pula, Kota Sukabumi menargetkan menjadi Kota Koperasi. Untuk itu. Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan koperasi yang ada, sekaligus mendorong pembentukan koperasi baru yang berbasis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), diantaranya membentuk Sukabumi Mart sebagai Koperasi Perkumpulan UMKM.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengungkapkan, setelah banyaknya waralaba yang bermunculan, tidak sedikit usaha kecil yang mati. Berkaitan dengan hal tersebut, melalui Koperasi Sukabumi Mart, berbagai usaha kecil yang mati di Kota Sukabumi dapat hidupkan kembali, sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan. Diungkapkan pula, masyarakat saat ini kurang begitu tertarik terhadap koperasi, serta terpaku pada badan usaha seperti CV, PT dan PD, karena kurang memahami dan mengetahui tentang koperasi. Padahal badan usaha yang cocok untuk masyarakat Indonesia, yakni koperasi. Disampng itu, juga masih banyak sektor usaha koperasi yang belum tergali secara optimal, untuk ditingkatkan dan dikembangkan.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, untuk mewujudkan Kota Sukabumi mejadi Kota Koperasi, Pemerintah Kota Sukabumi dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait lainnya, akan senantiasa melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian KUKM RI dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, juga tidak akan segan-segan membubarkan koperasi yang tidak memiliki anggota dan kegiatan usaha, termasuk koperasi yang hanya mengandalkan dana dari pemerintah saja.

Leave a Reply