KOTA SUKABUMI MASUK KATEGORI RISIKO BENCANA SEDANG

Reporter : KHAERU SOBRI

Redaktur/Editor : RATNA NURSEHA

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat menghadiri rapat kerja BPBD Kota Sukabumi di Hotel Fresh, Selasa lalu mengatakan, akan senantiasa memberikan motivasi kepada tim BPBD untuk meningkatkan kemampuan dari waktu ke waktu. Ditegaskannya, kejadian bencana tidak bisa diprediksi kapan dan apa yang akan dihadapi. Oleh karena itu dibutuhkan kesiapan dan kebugaran tim BPBD dalam menghadapi setiap kejadian yang akan datang.

Walikota juga meminta agar BPBD mengajak para pemangku kepentingan dan masyarakat untuk sama-sama menanggulangi bencana. Pasalnya, hal tersebut  penting sekali  karena masyarakat dapat mengetahui standar penyelamatan terlebih dahulu. Sebab, kenyataan yang dihadapi ketika ada bencana, respon time dari pihak Damkar atau BPBD memerlukan waktu selama 15 menit hingga sampai ke lokasi bencana.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan mengatakan, pihaknya berharap pada tahun 2019 ini dapat meminimalisir resiko bencana semaksimal mungkin. Ditandaskan pula, pada tahun ini pihaknya tetap memaksimalkan tiga langkah mitigasi risiko bencana, mulai pencegahan, saat terjadi bencana atau tanggap darurat, dan pasca bencana. Saat ini, Kota Sukabumi berada di posisi 25 di Jawa Barat dalam indeks risiko bencana pada 2018. Indeks tersebut masuk kategori sedang.

Dijelaskan pula, jumlah kejadian bencana pada 2017 sebanyak 160 kasus dengan dana penanggulangan bencana yang dikeluarkan lebih kurang Rp. 2.761.000.000,00. Sedangkan pada 2018 jumlah kejadian bencana menurun yakni sebanyak 155 kasus. Akan tetapi jumlah dana yang dikeluarkan meningkat dengan nominal kerugian lebih kurang Rp. 4.881.000.000,00.

Ditandaskannya, berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 38 kasus kejadian kebakaran di Kota Sukabumi didominasi dugaan korsleting listrik. Karena itu, BPBD akan terus berupaya agar pada tahun ini dapat mengurangi risiko kebakaran dengan mengurangi risiko kejadian dan mempercepat respon tim BPBD khususnya pemadam kebakaran.

Leave a Reply