PARA KADER POSYANDU MAMPU MELAKUKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Para Kader Posyandu mampu melakukan percepatan pembangunan, khususnya dalam bidang kesehatan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, yakni menangani 5 bidang kesehatan, yang terdiri dari KB (Keluarga Berencana), Imunisasi, Gizi, Pencegahan Diare dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), bahkan sekarang akan dititipkan abate, dalam pencegahan penyakit Deman Berdarah. Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pada acara Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu se Kecamatan Cikole, di Ruangan Pertermuan Kantor Kecamatan Cikole.

Dikatakannya, seiring dengan perkembangan, Posyandu akan direvitalisasi, supaya tidak hanya menangani 5 bidang kesehatan saja, akan tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan kader dan anggota Posyandu. Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, karena Kota Sukabumi telah memiliki 2 Posyandu Remaja, yakni di Kelurahan Subangjaya dan Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole. Dikatakan pula, ditengah-tengah acuhnya sebagian generasi muda tehadap Posyandu, dengan adanya Posyandu Remaja tersebut diharapkan dapat meningkatkan perhatian dan kepedulian generasi muda tehadap Posyandu, serta dapat meningkatkan derajat kesehatan generasi muda.

Wali Kota Sukabumi menambahkan, seluruh sarana dan prasarana Posyandu di Kota Sukabumi akan dilengkapi, serta insentif bagi para Kader Posyandu secara bertahap akan terus ditingkatkan. Hal ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan penghargaan pemerintah terhadap para Kader Posyandu, supaya keberadaan Posyandu ke depannya bisa semakin kuat dan kokoh, serta kesehatan masyarakat dapat meningkat. Karena Posyandu merupakan bagian terdepan dalam pembangunan kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi memaparkan beberapa Program Pemerintah Kota Sukabumi yang sangat melekat dengan Posyandu, diantaranya Home Care, Ambulance Sigap Gratis dan Rumah Singgah Pemerintah Kota Sukabumi. Dijelaskannya, Rumah Singgah Pemerintah Kota Sukabumi yang berlokasi di Jalan Mulyasari Culdesac Nomor 7 RT 02 RW 04 Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung ini, untuk para pasien dan keluarga pasien warga Kota Sukabumi yang sedang berobat atau dirawat di Kota Bandung, sebagai tempat untuk beristirahat atau menginap secara gratis, dengan persyaratan menyerahkan poto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK (Kartu Keluarga) dan Surat Keterangan Dokter, kepada Petugas Rumah Singgah Pemerintah Kota Sukabumi atau kepada Pengurus Rumah Zakat Bandung.

Leave a Reply