DAPAT MENJAGA DAN MELESTARIKAN SENI DAN BUDAYA PENCAK SILAT

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, Kejuaraan Pencak Silat dapat menjaga dan melestarikan seni dan budaya Pencak Silat. Selain itu juga dapat menggali bibit baru dan potensi atlet pencak silat, untuk dibina, ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan keterampilannya, sekaligus diikutsertakan pada kejuaraan-kejuaraan yang lebih tinggi, baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional. Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat menghadiri Kejuaraan Pencak Silat antar Pelajar Perguruan Pencak Silat Tingkat Sekolah, yang diikuti oleh 150 peserta, bertempat di Toserba Selamat Kota Sukabumi.

Disamping itu, Wali Kota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Kejuaraan Pencak Silat tersebut, karena dapat menciptakan dan meningkatkan sikap sportifitas bagi para atlet pencak silat, sebab seni dan budaya pencak silat ini sangat digemari oleh masyarakat terutama oleh para pelajar di Kota Sukabumi.

Pada bagian lain sambutannya, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh jajaran Panitia Penyelenggara yang telah berupaya optimal dan bekerja keras, sehingga Kejuaraan Pencak Silat ini dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan lancar. Diharapkannya, dengan dilaksanakannya kejuaraan ini, dapat menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat, khususnya para pelajar di Kota Sukabumi terhadap seni dan budaya pencak silat, untuk melahirkan para pesilat profesional, yang dapat membanggakan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Wali Kota Sukabumi mengungkapkan, prestasi dan perkembangan pencak silat di Kota Sukabumi cukup baik dan pesat, serta sudah banyak prestasi dan gelar kejuaraan yang diraih oleh para atlet pencak silat Kota Sukabumi, baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional. Untuk itu, Walikota Sukabumi berpesan kepada seluruh peserta Kejuaraan Pencak Silat antar Pelajar Perguruan Pencak Silat Tingkat Sekolah ini, agar senantiasa berupaya optimal menjaga jiwa sportifitas yang tinggi, sesuai dengan ketentuan dan kriteria penilaian serta peraturan yang ditetapkan dalam kejuaraan ini. Yang tidak kalah penting, juga agar senantiasa menjalin silaturahmi, persaudaraan dan kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan dengan segenap lapisan masyarakat khususnya dengan para atlet pencak silat, terutama dalam upaya melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya pencak silat di Kota Sukabumi.

Leave a Reply