HARI PEDULI SAMPAH SAMPAH NASIONAL ( HPSN ) TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RATNA NURSEHA

Isu sampah mulai mencuat sejak 21 Februari 2005 saat terjadi longsor di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Leuwi Gajah, Kota Cimahi, Jawa Barat. Dalam kejadian tersebut, jatuh korban sebanyak 141 jiwa. Mulai saat itu, setiap tanggal 21 Februari ditetapkan oleh pemerintah sebagai bagian dari sejarah. Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pada apel peringatan Hari Peduli  Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kota Sukabumi,  Selasa, 26 Februari 2019, di lapangan Apel Setda Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, para Asisten Daerah, kepala SKPD, para pegawai di lingkungan pemkot Sukabumi, LSM, pelajar SMP, SMA sederajat dan undangan lainnya.

Dijelaskan pula, sampah menjadi salah satu masalah prioritas yang harus segera di tuntaskan oleh pemerintah dan masyarakat Kota Sukabumi. Produksi sampah di Kota Sukabumi setiap hari mencapai 171,2 ton sampah per hari dari jumlah penduduk kota sukabumi 322.000 jiwa. Sampah yang masuk ke TPA Cikundul sebanyak 102 ton per hari, jika hal ini dibiarkan maka bisa dibayangkan yang akan terjadi dengan kondisi lingkungan Kota Sukabumi. Itulah sebabnya perlu dilakukan sebuah gerakan bersama, karena masalah sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab semua warga masyarakat. Wali Kota menegaskan, permasalahan sampah dapat dituntaskan apabila setiap orang mulai disiplin dari diri sendiri. Salah satu contohnya adalah dengan cara memilah sampah.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota mengajak para pejabat yang ada di lingkungan pemkot Sukabumi  dan seluruh masyarakat untuk mengurangi pruduksi sampah dengan meminimalisir hal hal yang bisa menjadi sampah. Adapun tema HPSN tahun2 019 ini adalah “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih Sehat Dan Bernilai“. Dengan tema ini diharapkan menjadi penyemangat bagi seluruh elemen masyarakat untuk terus peduli dan tidak bosan mencari solusi permasalahan sampah yang ada di Kota Sukabumi.

Leave a Reply