KERJASAMA DAERAH DENGAN PIHAK KETIGA BISA DIPANTAU SECARA ONLINE

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc. menandaskan, Kerjasama Daerah antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan pihak ketiga, dalam waktu dekat bisa dipantau dan dimonitor secara online, menggunakan aplikasi. Maksud dan tujuannya, selain untuk mempermudah dan mempercepat dalam melakukan pemantauan, juga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam memanfaatkan teknologi dan informatika.

Disamping itu, aplikasi berbasis online tersebut, ke depannya akan ditingkatkan dan dikembangkan, untuk meningkatkan dan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Dijelaskannya, aplikasi berbasis online tersebut, saat ini hanya tinggal menyempurnakan, dan apabila sudah selesai, yang pertama bisa dilakukan adalah sistem monitoring kerjasama daerah. Dijelaskan pula, setelah sistem monitoring kerjasama daerah bisa dipantau secara online, ke depannya akan ditingkatkan dan dikembangkan, supaya seluruh potensi kerjasama daerah dengan pihak ketiga bisa dimonitor secara online.

Untuk itu, Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi mengharapkan, aplikasi tersebut dapat terintegrasi dengan berbagai pihak, khususnya dengan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, supaya seluruh potensi dan prosedur pendaftaran kerjasama daerah di Kota Sukabumi bisa dilakukan secara online. Dikatakannya, berbagai upaya dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi dan informatika ini, dilakukan untuk meningkatkan sekaligus mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Karena pemerintah senantiasa dituntut untuk terus meningkatkan sekaligus mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat, termasuk potensi kerjasama daerah, supaya bisa dengan mudah dan cepat diakses oleh masyarakat.

Menyinggung kerjasama daerah yang sudah dijalin oleh Pemerintah Kota Sukabumi belum lama ini, seperti diungkapkan Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, yakni dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, khususnya dalam peningkatan palayanan dasar publik, yang terdiri dari pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, serta ketenteraman dan ketertiban umum. Adapun maksud dan tujuan dilksanakannya kerjasama tersebut, karena Pemerintah Kota Sukabumi dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi ingin meningkatkan kesepakatan serta kesefahaman dan kolaborasi, untuk menciptakan Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi lebih mandiri, lebih kokoh dan lebih kuat dalam berbagai bidang.

Leave a Reply