EKONOMI YANG BISA BERTAHAN DI TENGAH PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI DAN INFORMASI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, ekonomi yang bisa bertahan di tengah perkembangan tekhnologi dan informasi yakni Ekonomi Kreatif. Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Kewirausahaan Tahun 2019, dengan mengambil tema Membangun Wirausaha Muda yang Kreatif dan Mandiri, di Sunda Rasa Sukabumi, tepatnya tanggal 26 Februari 2019.

Ditandaskan pula, maksud dan tujuan dilaksanakannya Pelatihan Kewirausahaan ini, diantaranya untuk mendorong dan memacu motivasi masyarakat, supaya bisa berusaha dan mandiri, khususnya para generasi muda yang ada di Kota Sukabumi, sesuai dengan tagline pelatihan ini, yakni Wirausaha di Usia Muda itu Keren. Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, mumpung masih muda agar memaksimalkan kesempatan ini, untuk menjadi para pelaku usaha.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal mencetak dan meningkatkan para pelaku usaha muda di Kota Sukabumi, diantaranya melalui Program Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center) Pemerintah Kota Sukabumi. Melalui program tersebut, dalam setiap tahunnya ditargetkan dapat menciptakan dan mencetak sebanyak 1.500 wirausaha muda di Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi menjelaskan, dilaksankannya program tersebut, menindaklanjuti aspirasi masyarakat Kota Sukabumi, untuk menciptakan dan mencetak para pelaku usaha baru dan inkubator pelaku bisnisnya, termasuk modal usaha, pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangannya. Disamping itu juga dijelaskan, dalam menciptakan dan mencetak para pelaku usaha baru, Pemerintah Kota Sukabumi tentu akan mensuport modal, manajerial dan pemasarannya. Adapun modal untuk para pelaku usaha baru ini, berupa pinjaman tanpa bunga, serta hanya untuk para pelaku usaha kecil saja, seperti warung, kerajinan tangan dan sejenisnya.

Menyinggung para pelaku usaha kreatif di Kota Sukabumi, menurut Wali Kota Sukabumi pada umumnya sudah memiliki naluri entrepreuneur, hanya tinggal meningkatkan dan mengembangkan usaha dan pemasarannya. Adapun salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dalam membantu pemasaran produk para pelaku usaha kreatif di Kota Sukabumi, diantaranya dengan membuka perwakilan pemasaran di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Leave a Reply