DKP3 KOTA SUKABUMI AKAN MEMPERBAIKI BANGUNAN RPH KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, menurut rencana dalam tahun 2019 ini akan memperbaiki fisik bangunan RPH (Rumah Potong Hewan) Kota Sukabumi, tepatnya di Jalan Cemerlang Kota Sukabumi. Karena kondisi fisik bangunan RPH tersebut sudah sangat menghawatirkan, sebab sudah lama tidak diperbaiki.

Selain itu, menurut Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T., apabila melihat Peraturan Kementerian Pertanian RI di Bidang Peternakan, RPH milik Pemerintah Kota Sukabumi ini tidak sesuai dengan standar RPH sehat. Untuk itu, DKP3 Kota Sukabumi akan memperbaiki fisik bangunan RPH tersebut, termasuk perlengkapan lainnya, seperti kandang dan Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)-nya.

Maksud dan tujuannya, supaya RPH tersebut dapat memenuhi standar RPH sehat, sesuai dengan Peraturan Kementrian Pertanian RI. Disamping itu, juga setiap hewan yang dipotong di RPH ini memenuhi kategori sehat. Dijelaskannya, khusus untuk Kandang Sapi Import, tidak bisa disamakan dengan Kandang Sapi Lokal, tapi harus landai atau agak miring.

Menyinggung anggaran untuk memperbaiki fisik bangunan RPH tersebut, seperti diungkapkan Kepala DKP3 Kota Sukabumi, diperkirakan mencapai kurang lebih Rp. 800 juta. Diharapkannya, apabila fisik bangunan RPH ini sudah selesai diperbaki, setiap hewan yang dipotong di RPH ini kualitas dagingnya berkualitas dan sehat.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi juga mengharapkan, seluruh RPH di Kota Sukabumi dapat memenuhi kriteria sehat sesuai dengan Peraturan Kementerian Pertanian RI. Selain itu, seluruh RPH di Kota Sukabumi, juga agar memiliki Sertifikat Halal Penyembelihan Hewan Ternak, dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi.

Berkaitan dengan hal tersebut, bagi RPH di Kota Sukabumi yang belum memiliki sertifikat tersebut, agar mengajukannya ke MUI Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh hewan ternak yang disembelih di Kota Sukabumi benar-benar halal, sesuai dengan ajaran dan syariat Islam.

Karena dalam menyembelih hewan ternak, ada beberapa hal yang harus diketahui, supaya hewan ternak yang disembelih tersebut benar-benar halal, serta sesuai dengan ajaran dan syariat Islam. Sebab yang masuk kriteria halal berdasarkan ajaran dan syariat Islam, bukan hanya ternaknya saja, akan tetapi juga prosedur dan tata cara dalam penyembelihannya.

Leave a Reply