ZAKAT PNS MENURUT RENCANA AKAN DIPOTONG DARI GAJI PNS MASING-MASING

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Zakat PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, menurut rencana akan dipotong langsung dari gaji PNS masing-masing. Sebab perolehan zakat dari PNS melalui Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, dinilai masih rendah. Buktinya berdasarkan data yang ada di Baznas Kota Sukabumi, dari jumlah PNS sebanyak 4.800 orang, yang menyalurkan zakatnya secara rutin melalui Baznas Kota Sukabumi, hanya berjumlah 1.000 orang, karena banyak PNS yang menyalurkan zakatnya secara langsung kepada masyarakat.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengatakan, penyaluran Zakat PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dipotong langsung dari gaji PNS masing-masing ini, dilakukan untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya zakat di kalangan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Baznas Kota Sukabumi. Untuk memperkuat penyaluran Zakat PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Baznas Kota Sukabumi dipotong langsung dari gaji PNS masing-masing ini, Pemerintah Kota Sukabumi saat ini sedang mempersiapkan penerbitkan Perwal (Peraturan Wali Kota) Sukabumi, tentang Zakat PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Diharapkannya, dengan hal tersebut dapat meningkatkan penyaluran Zakat PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Baznas Kota Sukabumi.

Menyinggung penyaluran Zakat PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Baznas Kota Sukabumi, seperti diungkapkan Wali Kota Sukabumi, yang sudah sejak lama secara rutin menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi baru 2 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya untuk meningkatkan dan memaksimalkan perolehan zakat khususnya dari PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Baznas Kota Sukabumi, supaya banyak masyarakat Kota Sukabumi yang bisa dibantu oleh Baznas Kota Sukabumi.

Sementara Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. menjelaskan, apabila dilihat dari jumlah PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi saat ini, yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi dinilai masih rendah. Untuk itu, Ketua Baznas Kota Sukabumi mengharapkan, pasca diterbitkan dan diberlakukannya Perwal Sukabumi, kesadaran para PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dalam menyalurkan zakatnya melalui  Baznas Kota Sukabumi dapat meningkat.

Adapun SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang sudah secara rutin menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi baru 2 SKPD, yakni Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, ditambah Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi dan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II B Nyomplong Kota Sukabumi.

Leave a Reply