SELURUH TEMPAT PERBELAJAAN TIDAK DIPERBOLEHKAN LAGI MENGGUNAKAN KANTONG PLASTIK

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menandaskan, seluruh Tempat Perbelajaan di Kota Sukabumi, mulai tahun 2020 mendatang tidak diperbolehkan lagi menggunakan kantong plastik. Aturan tersebut akan diberlakukan setelah selesai diterbitkan dan diberlakukannya Perwal (Peraturan Wali Kota) Sukabumi tentang Pengurangan Sampah Plastik di Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, Perwal tersebut saat ini sedang digodok oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Selain itu, dalam Perwal tersebut dibahas pula tentang larangan penggunaan kantong plastik di seluruh Tempat Perbelajaan di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk menekan angka sampah plastik di Kota Sukabumi.

Dengan demikian, mulai tahun 2020 mendatang, setiap masyarakat yang berbelanja di Kota Sukabumi harus membawa kantong sendiri, atau bisa saja pihak Tempat Perbelajaan di Kota Sukabumi menyediakan kantong alternatif selain kantong plastik. Disamping itu, pengolahan sampah pun harus diawali dari sumbernya, yakni di setiap rumah tangga.

Untuk itu, DLH Kota Sukabumi akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, tentang pengolahan sampah. Sebab yang paling efektif dalam melakukan pengolahan sampah ini dari sumbernya, yakni di setiap rumah tangga.

Selain itu, Kepala DLH Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar meningkatkan kesadaran serta perhatian dan kepedulian dalam melakukan pengolahan sampah di rumah tangganya masing-masing. Sebab volume sampah di Kota Sukabumi, yang paling banyak yakni sampah rumah tangga.

Adapun upaya yang harus dilaksanakan oleh setiap rumah tangga dalam melakukan pengolahan sampah ini, yakni melalui pemilahan sampah organik dan sampah anorganik, untuk didaur ulang menjadi barang berharga, seperti kompos atau pupuk organik dan berbagai barang kerajinan yang memiliki nilai ekonomis.

Dikatakannya, selain melakukan pengolahan sampah dari sumbernya, pihak DLH Kota Sukabumi juga menginisiasi program Jumsih (Jumat Bersih) kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, yang sudah mulai diberlakukan di setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Leave a Reply