MOU PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN ANTARA DINAS KOMINFO,DINAS DISDUKCAPIL DAN KELURAHAN GUNUNG PUYUH

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Komunikasi dan informatika dan kecamatan gunung puyuh menandatangani nota kesepahaman atau MOU pemanfaatan data kependudukan dengan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota sukabumi. Penandatanganan ini dilaksanakan pada hari Selasa 26 Februari 2019, di Command center Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala dinas komunikasi dan informatika, Drs.H.G.M.Sukarman, M.Pd, Camat Gunung Puyuh, Fajar Rajasa dan Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil, Iskandar, S.IP.,M.T.

Kepala dinas kependudukan & pencatatan sipil (Disdukcapil), Iskandar, S.IP M.T menjelaskan bahwa pemanfaatan data kependudukan merupakan amanat dari Undang undang Nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang undang Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. pemanfaatan data kependudukan dapat digunakan untuk perencanaan program kegiatan SKPD pada Pemerintahan Kota Sukabumi. Selain itu data kependudukan dapat digunakan untuk menangkal kriminalitas termasuk  pembangunan demokrasi.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (diskominfo),Drs. H.  Gabril majid Sukarman, M.Pd, menjelaskan data kependudukan akan dimanfaatkan dalam pengembangan Aplikasi Super sesuai dengan Rencana strategis (Renstra) Diskominfo  dalam pengelolaan aduan layanan publik.

Sementara Camat Gunung Puyuh Fajar Rajasa, S.STP M.Si mengatkan bahwa data kependudukan akan dimanfaatkan dalam sistem pelayanan publik kecamatan Gunung puyuh melalui Aplikasi SIKALEM atau Sistem Kotak layanan elektronik Mandiri.

Leave a Reply