KPU KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN SOSIALISASI TERHADAP PEMILIH BASIS KOMUNITAS

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi beserta Relasi (Relawan Demokrasi) KPU Kota Sukabumi, melaksanakan sosialisasi terhadap pemilih basis komunitas di Kota Sukabumi. Seperti dijelaskan Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sumber Daya Manusia) KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah, dilaksanakannya sosialisasi ini, merupakan salah satu upaya KPU Kota Sukabumi, untuk meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu (Pemilihan Umum) Serentak Tahun 2019, yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI serta Pemilu Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang, baik secara kualitas maupun secara kuantitas.

Selain itu, Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Sukabumi mengharapkan, seluruh masyarakat Kota Sukabumi khususnya yang sudah terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) bisa menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya pada Pemilu tersebut.

Untuk itu, dalam sosialisasi tersebut, Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Sukabumi memaparkan tentang Peserta Pemilu, yakni Parpol (Partai Politik), Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, serta Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi, termasuk Tata Cara Pencoblosan dan Pengenalan Warna Kertas Surat Suara. Antara lain, Warna Abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden, Warna Kuning untuk Anggota DPR RI, Warna Merah untuk Anggota DPD RI, Warna Biru untuk Anggota DPRD Provinsi, serta Warna Hijau untuk Anggota DPRD Kabupaten dan Kota.

Diharapkan pula, dengan dilaksanakannya sosialisasi secara masif yang dilakukan KPU Kota Sukabumi beserta Relasi KPU Kota Sukabumi ini, bisa mengajak dan meningkatkan masyarakat Kota Sukabumi untuk berpartisipasi dan menyukseskan Pemilu tersebut, dengan menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Sukabumi mengatakan, kendati secara nasional angka partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2019 ini ditargetkan 77,5 persen, namun KPU Kota Sukabumi menargetkan dapat melampaui target nasional, yakni bisa mencapai angka 80 persen. Karena angka partisipasi pemilih masyarakat Kota Sukabumi pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 yang lalu, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi mencapai angka 78 persen.

Leave a Reply