DKP3 KOTA SUKABUMI SUDAH MENYALURKAN BCPP KEPADA PARA KORBAN BENCANA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, sudah menyalurkan BCPP (Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah), kepada para korban bencana di Kota Sukabumi. Kepala Seksi DCP (Distribusi dan Cadangan Pangan) DKP3 Kota Sukabumi, Ferry Nur Trisnawati, S.Pt., M.M. menjelaskan, penyaluran BCPP ini sesuai dengan Perwal (Peraturan Wali Kota) Sukabumi Nomor 12 Tahun 2012 tentang penyaluran bantuan pangan kepada masyarakat yang mengalami bencana alam. Maksud dan tujuannya, untuk mengatasi kerawanan pangan yang dialami oleh masyarakat pasca bencana.

Dijelaskan pula, penyaluran BCPP ini tidak akan lebih dari 14 hari kerja, pasca bencana yang dialami oleh masyarakat. Bahkan bisa lebih cepat, tergantung pada kesigapan dan kecepatan pihak kelurahan dalam melaporkan kejadian bencana kepada DKP3 Kota Sukabumi. Disamping itu juga dijelaskan, BCPP dari DKP3 Kota Sukabumi ini harus disalurkan melalui kelurahan, untuk disalurkan kembali kepada masyarakat yang mengalami bencana.

Adapun indikator penghitungan BCPP ini, didasarkan pada konsumsi beras masyarakat, yakni 300 gram per hari. Selain itu juga dihitung mata pencahariannya, tempat tinggal dan kerusakan yang dialami, apakah masuk dalam kategori parah atau kategori sedang. Dikatakannya, dari indikator penghitungan tersebut, akan terlihat dengan jelas jumlah BCPP yang harus disalurkan oleh DKP3 Kota Sukabumi kepada masyarakat tersebut.

Sedangkan total BCPP yang sudah disalurkan oleh DKP3 Kota Sukabumi kepada masyarakat Kota Sukabumi yang mengalami bencana, sejak bulan Januari 2019 sudah mencapai lebih kurang 6 ton, sesuai dengan indikator penghitungan BCPP. Kepala Seksi DCP DKP3 Kota Sukabumi mengungkapkan, di Jawa Barat baru Kota Sukabumi yang menggunakan indikator ini. Karena sebelumnya, DKP3 Kota Sukabumi dalam melakukan penyaluran BCPP ini hanya dikira-kira, namun penghitungannya tidak akurat.

Kepala Seksi DCP DKP3 Kota Sukabumi mengharapkan, BCPP ini tidak hanya disalurkan kepada masyarakat yang mengalami bencana saja, tapi juga bisa disalurkan kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan, seperti kepada masyarakat yang mengalami gizi buruk dan yang mengalami kerawanan pangan akibat gejolak harga. Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya sudah memiliki rencana akan mengajukan Perubahan Perwal Sukabumi tersebut pada tahun 2020 mendatang.

Leave a Reply