RPJMD KOTA SUKABUMI TAHUN 2018-2023 SUDAH DITETAPKAN OLEH DPRD KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, sudah disepakati dan ditetapkan oleh DPRD Kota Sukabumi, pada Rapat Paripurna yang berlangsung tanggal 11 Maret 2019, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi. RPJMD tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, untuk dievaluasi dan disetujui.

Seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, RPJMD Kota Sukabumi ini sangat penting dan strategis, sebagai arah pembangunan di Kota Sukabumi dan pedoman kinerja bagi seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Kota Sukabumi. Selanjutnya dijelaskan, seluruh fraksi yang ada di DPRD Kota Sukabumi, pada umumnya menyemakati dan menyetujui terhadap RPJMD ini, dengan beberapa masukan dan pendapat yang harus diperhatikan.

Dijelaskan pula, berbagai dinamika dan tahapan dalam proses penyusunan RPJMD ini, dilakukan melalui semangat demokrasi, sinergitas dan menjunjung nilai-nilai kebersamaan. RPJMD ini merupakan dokumen politik, untuk dijadikan acuan oleh setiap SKPD di Kota Sukabumi. Adapun mengenai pengesahan RPJMD ini, masih harus menunggu hasil evaluasi dan pesetujuan dari Gubernur Jawa Barat, untuk selanjutnya disyahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, RPJMD ini sangat penting, untuk mengarahkan setiap SKPD di Kota Sukabumi dalam melakukan penyusunan Renstra (Rencana Strategis), serta berfungsi sebagai koridor dan acuan perencanaan pembangunan di Kota Sukabumi selama 5 tahun ke depan. Lebih jauh dijelaskan, RPJMD ini merupakan visi dan misi Kepala Daerah, serta berbagai program prioritas Pemerintah Kota Sukabumi dan kepentingan lainnya di Kota Sukabumi. Sedangkan berbagai program yang diprioritaskan Pemerintah Kota Sukabumi untuk jangka waktu 5 tahun ke depan, diantaranya pendidikan, kesehatan dan olahraga.

Wali Kota Sukabumi mengatakan, Pemerintah Kota Sukabumi sudah memulai menjalankan dan mewujudkan sejumlah program prioritas, sebagaimana yang tercantum dalam RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023. Antara lain penataan insfrastruktur, gerakkan kebersihan dan Jumsih (Jumat Bersih), pendidikan karakter melalui magrib mengaji dan yang lainnya. Dikatakan pula, agar berbagai program tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, pihaknya senantiasa berupaya optimal mendorong dan memantau setiap SKPD di Kota Sukabumi, dalam melaksanakan sekaligus meningkatkan dan pengembangkan berbagai program terebut.

Leave a Reply