PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MENYELANGGARAKAN KEMBALI BURSA KERJA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke 105 Kota Sukabumi tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2019 mendatang, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, selama 2 hari, tepatnya pada tanggal 22 dan 23 April 2019 mendatang, akan menyelanggarakan kembali bursa kerja atau job fair, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Maksud dan tujuannya, untuk memfasilitasi para pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya dengan berbagai perusahaan, khususnya yang sudah bekerja sama dengan Disnaker Kota Sukabumi, dalam menyerap tenaga kerja di Kota Sukabumi dan sekitarnya. Disamping itu, juga untuk memperluas kesempatan kerja, menjembatani dan mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan atau penyedia lapangan kerja, serta untuk menghindari adanya praktik percaloan terhadap para pencari kerja di Kota Sukabumi dan sekitarnya.

Kepala Seksi Penempatan Disnaker Kota Sukabumi, Mohamad Sini, S.IP., M.M. menjelaskan, pada bursa kerja tersebut, ditargetkan sebanyak 4.500 lowongan pekerjaan di puluhan perusahaan, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi. Adapun perusahaan yang sudah siap mengikuti bursa kerja ini, hingga saat ini sudah ada 30 perusahaan. Diharapkannya, melalui bursa keja ini, dapat menyerap tenaga kerja dan pencari kerja sebanyak-banyaknya, khususnya di Kota Sukabumi.

Menyinggung jumlah pencari kerja di Kota Sukabumi, menurut Kepala Seksi Penempatan Disnaker Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya senantiasa mengalam penurunan. Hal ini terjadi, karena adanya peningkatan perekonomian masyarakat, serta tidak sedikit lulusan SMA, SMK dan MA di Kota Sukabumi yang melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi. Selain itu, juga tidak sedikit sekolah khususnya SMK dan Perguruan Tinggi yang melakukan kerja sama dengan dunia industri dan perusahaan, sehingga para lulusannya langsung diserap oleh dunia industri dan perusahaan.

Demikian pula target penyerapan tenaga kerja di Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya senantiasa melampui target yang ditretapkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, yakni sebanyak 5.000 orang. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Disnaker Kota Sukabumi untuk mencapai target tersebut, seperti dijelaskan Kepala Seksi Penempatan Disnaker Kota Sukabumi, selain secara rutin setiap tahun melaksanakan bursa kerja, juga secara rutin melakukan berbagai program dan kegiatan, seperti Diklat (Pendidkan dan Pelatihan) serta pembinaan kepada para pencari kerja.

Selanjutnya Kepala Seksi Penempatan Disnaker Kota Sukabumi menghimbau kepada para pencari kerja di wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya yang akan melamar dan ingin mendapatkan pekerjaan, agar datang sekaligus mengikuti kegiatan bursa kerja, tepatnya pada tanggal 22 dan 23 April 2019 mendatang, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Leave a Reply