PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Generasi penerus bangsa merupakan salah satu fokus pembangunan sumber daya manusia (SDM) pemerintah kota sukabumi. Salah satu cara yang dilakukan adalah optimalisasi peran guru dalam mendidik para peserta didik agar mereka siap sebagai penerus bangsa terutama dalam era revolusi industri 4.0.

Penjelasan tersebut di sampaikan oleh Wali Kota Sukabumi, H.Achmad Fahmi, pada Upacara Bendera Peringatan Hari Kesadaran Nasional pada hari Senin tanggal 18 Maret 2019, di lapangan apel Setda Kota Sukabumi.

Di jelaskan pula oleh wali Kota Sukabumi, bahwa Revolusi industri 4.0 merupakan era ketika industri  berkembang dengan sangat pesat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Menghadapi tantangan tersebut maka dunia pendidikan di tuntut untuk merubah pola pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pola pendidikan yang di pengaruhi oleh Revolusi industri 4.0 tersebut dinamakan dengan Pendidikan 4.0 yang bercirikan pemanfaatan Teknologi Digital dalam proses pembelajaran.

Di jelaskan pula pendidikan merupakan garda terdepan. Guru harus mampu menyesuaikan kompetensi dalam menghadapi era pendidikan 4.0 tersebut . peserta didik yang dihadapi saat ini merupakan generasi milineal yang tidak asing lagi dengan dunia Digital .

Peserta didik yang sudah terbiasa dengan arus informasi dan teknologi industri 4.0 ini menunjukan bahwa para peserta didik harus mampu menjawab tantangan industri 4.0. Salah satu pemanfaatan industri 4.0 di dunia pendidikan adalah dengan di selenggarakanya UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer ). Hal ini menunjukan bahwa pendidikan di indonesia mengalami kemajuan.

Leave a Reply