WALI KOTA SUKABUMI MENGHADIRI KEGIATAN CURHAT KELILING PROGRAM KKBPK

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menghadiri kegiatan Curhat Keliling Program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), yang diselengarakan oleh Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 19 Maret 2019, di Taman Cikondang, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutanya Wali Kota Sukabumi menandaskan, bahwa Curhat Keliling ini bertujuan untuk memberikan informasi dan menampung aspirasi dari masyarakat, yang pada akhirnya dapat mendorong integrasi program pemerintahan, artinya seluruh pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat berperan aktif dalam memberikan kontribusi terhadap program KKBPK, khususnya yang berkaitan dengan Kampung KB.

Maksud dan tujuannya, untuk membangun keluarga kecil bahagia, dengan melaksanakan 8 fungsi keluarga, yang terdiri dari agama, kasih sayang, perlindungan, sosial keluarga, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan, untuk membangun keluarga yang lebih bahagia dan sejahtera, serta terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Sementara PLT Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian integral dari 9 program prioritas Nawacita, terutama Nawacita yang ke 5, yakni meningkatkan kualitasi hidup Bangsa Indonesia. Sedangkan dari sisi dimensi pembangunan, masuk dalam dimensi pembangunan prioritas kesehatan dan pembangunan mental atau karakter bangsa.

Dijelakan pula, untuk mendukung dan mewujudkan program tersebut, dilakukan berbagai langkah inovatif, salah satunya membentuk Kampung KB, yang menjadi inovasi strategis dalam menggarap Program KKBPK. Lebih jauh dijelaskan, Kampung KB dirancang dalam bentuk integrasi seluruh bidang, serta koordinasi kerja sama dan partisipasi aktif bersama antar sektor terkait. Sedangkan maksud dan tujuan kegiatan Curhat Keliling Program KKBPK ini, untuk meningkatkan komitmen dan dukungan, dalam pemerataan pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK, terutama di lokasi Kampung KB.

Leave a Reply