PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERKOMITMEN MENCIPTAKAN WIRA USAHA MUDA BARU

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi serta Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center), berkomitmen menciptakan wira usaha muda baru, menuju Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera. Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Calon Wira Usaha Baru di Kota Sukabumi, yang digagas oleh Sukabumi Kece, tepatnya tanggal 21 Maret 2019, di Hotel Horison Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, salah satu indikator keberhasilan pembangunan yakni pertumbuhan ekonomi, dengan menurunnya tingkat pengangguran dan tersedianya lapangan kerja. Pertumbuhan tersebut ditandai dengan meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat, yang berimbas pada peningkatan pendapatan suatu daerah, menuju kondisi perekonomian yang lebih baik. Dijelaskan pula, permasalahan pengangguran dan penyediaan lapangan kerja, merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan.

 

Untuk itu, Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan sangat menyambut baik atas dilaksanakannya pelatihan ini. Sebab dapat menciptakan lapangan kerja baru, menuju Kota Sukabumi sejahtera dan maju, yang bertumpu pada sektor perdagangan, ekonomi kreatif dan pariwisata, serta memanfaatkan peluang kemitraan dengan dunia usaha, dunia pendidikan dan daerah sekitar.

Selain itu, Wakil Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan, melalui pelatihan kewirausahaan ini dapat membentuk mindset bisnis, sekaligus memperkuat mental dan karakter para calon wira usaha muda di Kota Sukabumi, serta pembekalan pengetahuan bisnis, pendampingan dan magang, sehingga dapat menumbuhkan para pelaku usaha muda baru yang tangguh dan mandiri.

Selanjutnya dikatakan, Program Sukabumi Kece ini, dalam setiap tahunnya ditargetkan dapat menciptakan dan mencetak sebanyak 1.500 wira usaha muda di Kota Sukabumi. Disamping itu juga dikatakan, dilaksankannya program tersebut menindaklanjuti aspirasi masyarakat Kota Sukabumi, untuk menciptakan dan mencetak para pelaku usaha baru di Kota Sukabumi, termasuk inkubator pelaku bisnisnya, serta modal usahanya, pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangannya.

Leave a Reply