PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN I TAHUN 2019 DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Wali kota Sukabumi H.Achmad Fahmi secara resmi membuka pelatihan pelatihan dasar CPNS golongan III Angkatan I tahun 2019 di lingkungan pemerintahan kota sukabumi pada hari Senin tanggal 25 Maret 2019 bertempat di Gedung Korpri kota Sukabumi.

Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut diantaranya H.Mumuh Munaim, M.MPD sebagai Widyaiswara senior dari BKSDM Povinsi Jawa Barat, Sekretaris BKSDM Kota Sukabumi, Komandan Batalyion Infantri 310, para kepala SKPD dan tamu undangan lainya.

Dalam Sambutannya Wali Kota Sukabumi menandaskan undang undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan instansi pemerintah wajib memberikan pendidikan dan pelatihan terintregrasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam 1 tahun masa percobaan kerja yaitu diklat prajabatan. Melalui diklat ini diharapkan para CPNS sebagai unsur utama sumber daya aparatur mempunyai kompetensi dan memiliki sikap serta perilaku yang setia dan taat kepada negara.

Selain itu memiliki peranan yang sangat menentukan dalam keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah. Diklat Prajabatan saat ini berbeda dengan kegiatan Prajabatan pola lama yang pembelajarannya bersifat  klasikal dan didominasi oleh ceramah-ceramah, sehingga sulit untuk membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS, maka dilakukan inovasi dan pembaharuan dalam penyelenggaraan Diklat prajabatan yang memungkinkan peserta untuk mampu menginternalisasikan nilai-nilai dasar PNS dengan cara penerapan secara langsung dan aktualisasi pada tempat tugas masing-masing.

Sementara itu H Mumu Munaim M.MPD mengatakan bahwa proses pendidikan dan pelatihan dasar yang akan di jalani oleh para peserta CPNS ini merupakan tahap training. Manajemen sumber daya aparatur sipil negara merupakan salah satu bagian penting dari pengelolaan pemerintahan negara yang bertujuan untuk membantu dan mendukung seluruh sumber daya manusia aparatrur sipil negara untuk merealisasikan potensi yang ada sebagai pegawai pemerintah dan sebagai warga negara.

Diklat Prajabatan ini di laksanakan mulai tanggal 25 Maret sampai dengan 8 Agustus 2019. Diikuti para peserta terdiri dari Tenaga kependidikan sebanyak 37 orang, Tenaga Kesehatan sebanyak 46 orang, Tenaga Teknis sebanyak 10 orang dan lulusan sekolah tinggi transportasi darat sebanyak 1 orang.

Leave a Reply