PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH MENYERAHKAN LAPORAN KEUANGAN TAHUN 2018

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi sudah menyerahkan Laporan Keuangan Tahun 2018, kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI, tepatnya tanggal 26 Maret 2019, di Gedung BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Kota Bandung. Laporan Keuangan tersebut, diserahkan langsung oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Inspektur Kota Sukabumi, Rudi Juhayat, S.H. dan Kepala BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., bersamaan dengan 5 daerah lainnya di Jawa Barat, yakni Garut, Banjar, Sumedang, Cirebon dan Bogor.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, penyampaian laporan keuangan ini merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah, sebagai pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran dan pengelolaan aset-aset daerah selama setahun, sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan yang berlaku.

Sedangkan pemeriksaan laporan keuangan, bertujuan untuk memberi keyakinan yang memadai, bahwa laporan yang disajikan wajar dan sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan pemerintahan yang berlaku. Selain itu, pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan oleh BPK ini, merupakan bagian dari pembinaan kepada pemerintah daerah, dalam rangka upaya mewujudkan good government.

Wali Kota Sukabumi  mengharapkan, agar pemeriksaan keuangan ini dapat selesai tepat waktu, sesuai dengan jadwal dan amanah perundang-undangan yang berlaku, serta dapat menghasilkan opini yang memuaskan bagi Pemerintah Kota Sukabumi, sehingga dapat mempertahankan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Pemerintah Pusat, atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah), seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Karena Pemerintah Kota Sukabumi, sudah beberapa kali secara berturut-turut meraih Penghargaan Opini WTP dari Pemerintah Pusat. Dikatakannya, penghargaan tersebut merupakan apresiasi bagi seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Kota Sukabumi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, seluruh SKPD di Kota Sukabumi bisa lebih baik dan berprestasi lagi, khususnya dalam melakukan penyusunan LKPD. Maksud dan tujuannya, agar Pemerintah Kota Sukabumi dapat meraih kembali Penghargaan Opini WTP dari Pemerintah Pusat. Dijelaskannya, Penghargaan Opini WTP ini bisa diraih kembali melalui kerja keras dari Tim BPKD Kota Sukabumi dan seluruh SKPD di Kota Sukabumi, termasuk instansi dan lembaga terkait serta masyarakat Kota Sukabumi.

Leave a Reply