SELURUH APARAT PEMERINTAH DI KOTA SUKABUMI SIAP MELAKSANAKAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2019

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, seluruh Aparat Pemerintah serta Penyelenggara Pemilu dan Peserta Pemilu di Kota Sukabumi, siap melaksanakan Pemilu Serentak Tahun 2019, yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, serta Pemilu Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi yang bersih dan berintegritas, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan usai mengikuti Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional), dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), tepatnya tanggal 27 Maret 2019, serta dibuka secara resmi oleh Menko Polhukam (Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan), Jenderal TNI Purn Dr. H. Wiranto, S.H.

Adapun yang menyampaikan materi dalam Rakornas tersebut, yakni dari Kemendagri, Polri, TNI, Kejaksaan, Kepala BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Dirjen Dukcapil (Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kemendagri.

Rakornas tersebut diikuti oleh unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Tingkat Provinsi se Wilayah Tengah Indonesia, para Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi, para Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Provinsi, para Wali Kota dan Bupati, para Kapolres, para Kejari (Kepala Kejaksaan Negeri), para Ketua KPU serta Bawaslu Kota dan Kabupaten se Wilayah Tengah Indonesia.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Rakornas tersebut, untuk meningkatkan sinergitas Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk menyukseskan Pemilu SerentakTahun 2019 yang aman dan damai. Selain itu, juga untuk mengecek kesiapan dan berbagai hal yang berhubungan dengan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019.

Wali Kota Sukabumi juga menandaskan, pelaksanaan Pemilu tersebut merupakan ajang pesta demokrasi masyarakat Indonesia. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar pelaksanaan Pemilu tersebut dapat dijadikan sarana dan wahana pemersatu bangsa, termasuk dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang baik, khususnya dalam mewujudkan kedaulatan rakyat.

Leave a Reply