DLH KOTA SUKABUMI MELAKUKAN VERIFIKASI LOMBA PERMUKIMAN RAMAH LINGKUNGAN

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

DLH (Dinas lingkungan hidup) Kota Sukabumi melakukan verifikasi lomba permukiman ramah lingkungan pada hari Rabu, 27 Maret 2019. Adapun verifikasi dilakukan di 3 lokasi yaitu RW 08 Kelurahan Baros, RW 02 Kelurahan Jaya Mekar dan RW 05 Kelurahan Cipanengah.

Menurut Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dorry Sumarli serta Kepala Seksi Kajian Dampak Lingkungan, Ziad Panji Nurhar, Lomba Permukiman ramah warga diadakan selain untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun kota sukabumi ke 105, juga  untuk menciptakan permukiman ramah lingkungan sesuai dengan beberapa indikator diantaranya kebersihan, pengelolaan sampah, kesediaan ruang terbuka hijau, jumlah lubang resapan biopori dan ketahanan pangan. 2 terbaik dari lomba ini akan diikutkan dalam lomba program kampung iklim tingkat nasional.

Tahap pertama penilaian lomba digelar pada tanggal 18 Maret hingga 26 Maret 2019 dan diikuti 32 permukiman wakil dari 7 kecamatan se – Kota Sukabumi. Verifikasi yang dilakukan kemarin bertujuan untuk penentuan peringkat 3 besar.

Menurut juri dari Komunitas Sampahku, Khilda Baiti Rohmah, penilaian tidak hanya dilakukan berpatokan pada indikator – indikator yang telah ditetapkan, tetapi antusiasme warga dalam membangun permukimannya menjadi permukiman yang ramah lingkungan, juga menjadi bahan penilaian. Lebih lanjut, menurutnya secara umum dari 32 permukiman yang dinilai semuanya memiliki potensi ke arah yang lebih baik menjadi permukiman ramah lingkungan.

Dari 3 lokasi yang menjadi kandidat 3 besar lomba, telah memiliki dan melaksanakan beberapa program lingkungan diantaranya daur ulang sampah plastik, pembuatan lubang resapan biopori, daur ulang sampah organik, dan penghijauan permukiman.

Leave a Reply