WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI KEGIATAN PENYERAHAN HASIL EVALUASI SPBE

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. didampingi Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Majid Sukarman, M.Pd., mengikuti kegiatan Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik), kepada 616 instansi pemerintah, kementerian, lembaga dan Polri, yang diselenggarakan oleh KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), tepatnya tanggal 28 Maret 2019, di Biarawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta. Hasil evaluasi tersebut diserahkan kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. didampingi Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Majid Sukarman, M.Pd. mengatakan, seperti dijelaskan MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), diterapkannya SPBE atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-government ini, sangat berdampak pada integrasi sistem serta dapat meningkatkan efisiensi.

Adapun implementasi SPBE yang terpadu ini, bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang memiliki kinerja tinggi, Selain itu, juga untuk mensinkronkan semua infrastruktur yang sudah ada, serta seluruh instansi pemerintah, kementerian, lembaga dan Polri dapat terintegrasi, sekaligus dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan publik.

Dijelaskan pula, hasil evaluasi ini bukan untuk mencari yang terbaik, tapi untuk memacu seluruh instansi pemerintah, kementerian, lembaga dan Polri, supaya dapat menggunakan SPBE dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, pemerintah melalui KemenPAN-RB berupaya optimal mendorong seluruh instansi pemerintah, kementerian, lembaga dan Polri, agar menggunakan SPBE. Sebab penggunaan SPBE ini sangat baik untuk meningkatkan pelayanan kepada publik.

Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE ini sekaligus dijadikan ajang sosialisasi dan penyamaan pandangan, serta menjadi momentum penting bagi transformasi pemerintahan berbasis elektronik. Disamping itu, MenPAN-RB juga meminta kepada semua pihak, agar mendukung dan membantu pelaksanaan SPBE ini, dari mulai kebijakan dan tata kelola serta pelayanan kepada publik.

Leave a Reply