SELURUH ANGKOT DI KOTA SUKABUMI AGAR MEMPERPANJANG IZIN TRAYEK DAN UJI KIR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, menghimbau kepada seluruh Angkot (Angkutan Perkotaan) di Kota Sukabumi, agar memperpanjang Izin Trayek dan Uji Kir, serta kelengkapan administrasi dan mematuhi berbagai peraturan yang berlaku. Maksud dan tujuannya, untuk menjaga sekaligus meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat, khususnya para penumpang Angkot di Kota Sukabumi.

Disampaikannya himbauan tersebut, karena hingga saat ini masih banyak Angkot di Kota Sukabumi, yang belum memperpanjang Izin Trayeknya. Dijelaskannya, berdasarkan SK (Surat Keputusan) Wali Kota Sukabumi, jumlah Angkot di Kota Sukabumi saat ini mencapai 2.092 unit. Namun dari jumlah tersebut, hingga saat ini baru 784 Angkot yang sudah mengajukan permohonan perpanjangan Izin Trayeknya. Sedangkan sisanya sebanyak 1.308 unit lagi belum mengajukan permohonan perpanjangan Izin Trayeknya. Adapun Perpanjangan Izin Trayek Angkot ini dilakukan setiap tahun sekali.

Sementara yang menjadi kendala bagi para Pengusaha Angkot dalam melalukan Perpanjangan Izin Trayek ini, biasanya ada pada Uji Kelayakan dan Kir, yang dilakukan setiap 6 bulan sekali, sehingga banyak Pengusaha Angkot yang tidak atau belum memperpanjang Izin Trayek Angkotnya, serta bagi setiap Angkot yang sudah berusia tua harus diremajakan. Maksud dan tujuannya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak, khususnya untuk menjaga sekaligus meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan para penumpang Angkot di Kota Sukabumi.

Adapun upaya untuk mencapai target Perpanjangan Izin Trayek termasuk Uji Kelayakan dan Kir Angkot di Kota Sukabumi, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal dan secara rutin menyelenggarakan Operasi Gabungan dengan pihak Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, untuk menjaring Angkot di Kota Sukabumi yang tidak atau yang belum memperpanjang Izin Trayeknya, termasuk memeriksa seluruh dokumen kelengkapan Angkotnya. Dikatakanya, apabila Izin Trayeknya tidak diperpanjang dan seluruh dokumen kelengkapan Angkotnya tidak dilengkapi, akan diberi sanksi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengharapkan, dengan disampaikannya himbauan serta  diselenggarakannya Operasi Gabungan secara rutin ini, dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian para Pengusaha Angkot di Kota Sukabumi, khususnya dalam memperpanjang Izin Trayek serta Uji Kelayakan dan Kir Angkotnya.

Leave a Reply