PEMERINTAH KOTA SUKABUMI HANYA MEMILIKI KEWENANGAN MEMPERBAIKI RUAS JALAN KOTA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi hanya memiliki kewenangan dan tanggungjawab memperbaiki ruas Jalan Kota. Hal tersebut disampaikan, alkarena hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dan memiliki anggapan, bahwa semua ruas jalan yang ada di wilayah Kota Sukabumi menjadi kewenangan dan tanggungjawab Pemerintah Kota Sukabumi dalam pemeliharaannya.

Padahal menurut Wali Kota Sukabumi, di setiap daerah termasuk di Kota Sukabumi, kewenangan dan tanggungjawab dalam melakukan  pemeliharaan jalan, dibagi dalam 3 kewenangan dan tanggungjawab. Yakni kewenangan dan tanggungjawab Pemerintah Pusat untuk Jalan Nasional, kewenangan dan tanggungjawab Pemerintah Provinsi untuk Jalan Provinsi, serta kewenangan dan tanggungjawab Pemerintah Kota untuk Jalan Kota.

Adapun Jalan Nasional yang ada di wilayah Kota Sukabumi, terdiri dari Jalan R.A. Kosasih, Jalan Siliwangi, Jalan Rumah Sakit, Jalan Suryakencana, Jalan Bhayangkara dan Jalan K.H. Ahmad Sanusi. Selanjutnya Jalan Provinsi, terdiri dari Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Otista (Oto Iskandar Dinata), Jalan Didi Sukardi, Jalan Baros, Jalan Lingkar Selatan,Jalan Pembangunan, Jalan Garuda, Jalan Sarasa, Jalan Pelabuhan 2, Jalan Sejahtera dan Jalan Cemerlang.

Sedangkan jalan lainnya merupakan Jalan Kota serta menjadi kewenangan dan tanggung-jawab Pemerintah Kota dalam pemeliharaannya. Wali Kota Sukabumi mengatakan, dengan adanya kewenangan dan tanggungjawab terhadap jalan tersebut, sangat berdampak pada pemeliharaannya.

Untuk itu, Wali Kota Sukabumi menghimbau sekaligus meminta kepada segenap lapisan masyarakat, agar mengetahui dan memahami status ruas jalan di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, apabila ada masalah atau kerusakan jalan, masyarakat tidak akan salah sasaran dalam melaporkan atau mengadukannya. Yakni untuk Jalan Nasional ke Pemerintah Pusat, untuk Jalan Provinsi ke Pemerintah Prtovinsi, dan untuk Jalan Kota ke Pemerintah Kota.

Leave a Reply