WORKSHOP SKEMA ALTERNATIF PEMBIAYAAN UNTUK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. didampingi Kepala BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., mengikuti Workshop Skema Alternatif Pembiayaan untuk Pembangunan Infrastruktur di Jawa Barat, tepatnya tanggal 5 April 2019, di The Trans Luxury Hotel Bandung.

Workshop tersebut membahas tentang skema alternatif untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur, diantaranya Ketentuan Umum Pinjaman Daerah sesuai dengan PP (Peraturan Daerah) Nomor 56 Tahun 2018, dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi.

Workshop yang dibuka secra resmi oleh Sekda (Sekretaris Daerah) Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Iwa Karniwa, S.E., A.K., M.M., C.A., PIA. ini, diikuti oleh Kepala Daerah serta Perangkat Daerah Kota dan Kabupaten se Jawa Barat.

Adapun yang menyampaikan materi tentang skema alternatif untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur dalam workshop tersebut, diantaranya Asdep Ekoda (Asisten Deputi Ekonomi Daerah) dan Sektor Riil Kemenko (Kementerian Koordinator) Bidang Perekonomian, membahas tentang akselerasi pembiayaan untuk percepatan pembangunan infrastruktur daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Provinsi Jawa Barat menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sekaligus memaparkan visi dan misi Jawa Barat, Capaian Indikator Makro Pembangunan, Koloborasi Pendataan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, Proyek Infrastruktur Strategis, dan Revisi Struktur Ruang Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, juga dipaparkan materi dari PT SMI sekaligus sosialisasi tentang pinjaman daerah, serta FGD (Focus Group Discussion) membahas tentang alternatif sumber pembiayaan dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur daerah, yang disampaikan oleh Direktur Pengembangan Proyek dan Advisory, Darwin Trisna Djajawinata.

Sementara Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. didampingi Kepala BPKD Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M. usai mengikuti workshop tersebut menjelaskan, kegiatan tersebut sangat besar menfaatnya, karena dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan, khususnya tentang skema alternatif untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur dan tentang akselerasi pembiayaan untuk percepatan pembangunan infrastruktur daerah.

Leave a Reply