BAGI PARA PENGENDARA YANG MEROKOK DAN MEGGUNAKAN HP AKAN DITILANG

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kasatlantas (Kepala Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, AKP I Kadek Vemil, S.E., S.IK, M.H. menandaskan, bagi para pengendara baik roda dua maupun roda empat yang merokok dan meggunakan HP pada saat berkendara akan ditilang dan dikenakan sanksi, sesuai dengan Permenhub (Peraturan Menteri Perhubungan) RI Nomor 12 Tahun 2019, tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Tapi aturan dan larangan tersebut, khusus untuk di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota hingga saat belum ini diberlakukan dan dilaksanakan, karena masih menunggu petunjuk tentang pemberlakuan aturan dan larangan baru tersebut. Namun demikian, pihaknya hanya memberikan sanksi tilang biasa kepada para pengendara yang kedapatan merokok dan menggunaan HP pada saat berkendara.

Ditandaskan pula, berbagai aktivitas yang mengganggu konsentrasi para pengendara pada saat berkendara seperti merokok dan menggunakan HP, harus dihindari dan dicegah, sebab dapat berpotensi dan membahayakan para pengendara dan pengguna jalan lainnya. Selain itu, juga secara etika dan secara prioritas, merokok dan menggunakan HP pada saaat berkendara tidak baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, bagi setiap pengendara yang kedapatan merokok dan mengunakan HP pada saat berkendara akan ditindak secara tegas, sesuai pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Karena dalam pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 diatur tentang berbagai aktivitas yang menganggu terhadap konsentrasi para pengendara pada saat berkendara seperti merokok dan menggunakan HP harus ditindak secara tegas, sebab dapat membahayakan para pengendara tersebut.

Sedangkan mengenai aturan dan larangan merokok dan menggunakan HP bagi para pengendara pada saat berkendara, sesuai dengan Permenhub RI Nomor 12 Tahun 2019, baru diberlakukan dan dilaksanakan di wiayah hukum Polda Metro Jaya. Untuk itu, aturan dan larangan tersebut bisa saja diberlakukan dan dilaksanakan dalam waktu dekat di wilayah hukum Polda Jabar termasuk di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Dikatakannya, apabila sudah ada petunjuk termasuk teknis dan yang lainnya, aturan dan larangan tersebut akan segera disosialisasikan kepada para pengendara, serta akan diberlakukan dan dilaksanakan di wiayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Leave a Reply