PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH MELUNCURKAN APLIKASI SIMONTOK

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Untuk meningkatkan sekaligus memudahkan dan mempercepat pelayanan, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Bagian Perbang KSD (Perekonomian, Pembangunan dan Kerja Sama Daerah) Setda Kota Sukabumi, sudah meluncurkan aplikasi berbasis website, yang diberi nama Simontok (Sistem Informasi Monitoring Kerjasama). Seperti dijelaskan Kepala Bagian Perbang KSD Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc., melalui aplikasi Simontok yang sudah diluncurkan pada tanggal 1 April 2019 ini, Pemerintah Kota Sukabumi dapat melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap seluruh sektor yang dikerjasamakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, baik dengan Pemerintah Pusat serta Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota lainnya maupun dengan private sector atau pihak ketiga dari kalangan swasta. Maksud dan tujuannya, supaya hasilnya sejalan dengan pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, melalui aplikasi Simontok ini, Pemerintah Kota Sukabumi dapat mengingatkan kepada para pihak yang melakukan kerjasana dengan Pemerintah Kota Sukabumi, apabila dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan isi perjanjian kerjasama yang telah disepakati dan ditetapkan bersama, dari mulai kontribusi hingga keterlambatan perpanjangan perjanjian kerjasama dan yang lainnya. Disamping itu, melalui aplikasi Simontok ini, para calon investor atau mitra kerja Pemerintah Kota Sukabumi, bisa melihat potensi binsis dan prospek serta pemberdayaan yang dikerjasamakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Lebih jauh dijelaskan, untuk ke depannya, aplikasi Simontok ini akan ditingkatkan dan dikembangkan, supaya terintegrasi dengan sistem yang dilakukan oleh DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Sukabumi.

Menyinggung sektor yang akan dikerjasamakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, seperti dikatakan Kepala Bagian Perbang KSD Setda Kota Sukabumi, menurut rencananya Pemerintah Kota Sukabumi akan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, dalam sektor pengelolaan aset daerah dan sektor pengelolaan parker. Adapun untuk sektor pengelolaan aset daerah, sudah ada 2 aset daerah yang akan dikerjasamakan pengelolaannya oleh Pemerintah Kota Sukabumi, yakni lahan eks Terminal Sudirman di Jalan Jenderal Sudirman dan lahan di Cikundul yang luasnya sekitar 5 hektar, serta kondisinya masih kosong.

Sedangkan untuk sektor pengelolaan parkir yang akan dikerjasamakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dengan pihak ketiga, yakni di lokasi tepi jalan umum, jalan kota dan di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Selain itu, juga masih banyak peluang kerjasama yang ditawarkan melalui aplikasi Simontok kepada pihak ketiga yang akan berinvestasi di Kota Sukabumi. Selanjutnya dikatakan, aplikasi Simontok ini, dalam pengoperasiannya akan melibatkan masyarakat, unsur akademisi, pelaku usaha dan media. Untuk itu, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi aplikasi Simontok kepada segenap lapisan masyarakat, baik di dalam maupun di luar Kota Sukabumi, termasuk melalui berbagai media.

Leave a Reply