SENANTIASA BERUPAYA OPTIMAL MEMFASILITASI BERBAGAI POLA KEMITRAAN DAN KERJASAMA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memfasilitasi berbagai pola kemitraan dan kerjasama, antara pelaku usaha mikro kecil dengan pengusaha menengah dan besar, untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, juga untuk menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan, dengan mengoptimalkan sumber daya dan peningkatan daya saing UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di berbagai sektor.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Manajemen Ritel bagi UMKM, yang dilaksanakan Pemerintah Kota Sukabumi bekerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, tepatnya tanggal 11 April 2019, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut, untuk memberikan pemahaman manajerial kepada para pelaku UMKM di Kota Sukabumi, terutama pemahaman tentang tata cara meningkatkan kualitas pelayanan dan perubahan perilaku kepada para konsumen.

Dijelaskannya, permasalahan peningkatan daya saing UMKM bukan hanya merupakan tanggungjawab pemerintah saja, tapi tanggungjawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi melakukan kerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, khususnya dalam hal pemanfaatan halaman alfamart untuk pedagang kuliner, sekligus memberi pengetahuan tentang teknis dan tata cara penataan warung atau pedagang ritel.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada para peserta pelatihan tersebut, supaya dapat menjalin kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Selain itu, teknis pemasaran melalui kemitraan dan kerjasama harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha, supaya para pelaku UMKM dan para pelaku usaha besar dapat tumbuh secara bersama-sama dan profesional.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Sukabumi atas nama Kepala Daerah dan Pemerintah Kota Sukabumi, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat termasuk kepada para pelaku UMKM dan para pelaku usaha besar, agar bersama-sama mendorong dan berupaya optimal mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply