BERBAGAI PEMBAGUNAN YANG DILAKSANAKAN TIDAK LEPAS DARI KONSEP PEMBANGUNAN PENTAHELIX

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, berbagai pembagunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, tidak lepas dari konsep pembangunan pentahelix, yakni A B C G M (Akademisi, Busines, Community, Government dan Media), untuk bersatu dan bersama-sama melakukan percepatan pembangunan di berbagai bidang, serta hasilnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan dalam sambutan, saat membuka secara resmi Sosialisasi Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 130 Tahun 2018, tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan serta Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, di Hotel Balcony Kota Sukabumi, tanggal 12 April 2019, yang diikuti oleh 7 Camat dan 33 Lurah se Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, Permendagri tersebut mengatur dua substansi pokok, yakni pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, sekaligus  sebagai pedoman pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan untuk tahun anggaran 2019.

Adapun kegiatan pembangunan sarana dan prasaranan kelurahan, digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang terdiri dari pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman, serta transportasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

Selain itu juga pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Lembaga Kemasyarakatan, Trantibum (Ketenteraman dan Ketertiban Umum) serta Linmas (Perlindungan Masyarakat), termasuk penguatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana dan KLB (Kejadian Luar Biasa). Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat di kelurahan, digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat di kelurahan, dengan mendayagunakan potensi sumber daya sendiri yang ada di kelurahan.

Dikatakannya, untuk menentukan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, harus berdasarkan hasil musyawarah pembangunan di kelurahan masing-masing. Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Permendagri tersebut, dapat berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta bisa melakukan percepatan pembangunan dan program pelayanan sosial dasar di setiap wilayah kelurahan di Kota Sukabumi.

Leave a Reply