UBSI KAMPUS SUKABUMI KEMBALI MENGADAKAN SEMINAR NASIONAL

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

UBSI (Universitas Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi, kembali mengadakan seminar nasional, yang mengusung tema Strategi Penguatan Ekonomi Kreatif Indonesia di Era 4.0. Acara ini dibuka sambutan Rektor UBSI, yang diwakili oleh Denny Pribadi, M.Kom., diantaranya mengharapkan, peserta seminar dapat memanfaatkan peluang dalam industri di era 4.0. Seminar ini di mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB, di Aula UBSI Kampus Sukabumi, Jalan Cemerlang Nomor 8 Kota Sukabumi.

Seminar yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen serta guru dan siswa SMA sederajat se Kota dan Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 250 orang ini. diisi materi yang disampaikan oleh 2 nara sumber ahli di bidangnya, yakni Agung Wibowo, S.T., M.Kom., Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI, serta Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, pakar IT dan motivator lulusan pertama Indonesia di bidang sains.

Dalam kesempatan tersebut, nara sumber Agung Wibowo, S.T., M.Kom. memaparkan sejarah perkembangan industri, dimulai dari era 1.0 sampai dengan 4.0, seiring berkembangnya teknologi mengubah otot manusia dengan mesin atau robot, serta dalam masa ini Indonesia memiliki 4 unicorn, diantaranya gojeg bervalidasi 53 triliun, tokopedia bervalidasi sama dengan gojeg, traveloka bervalidasi 26,6 triliun, dan bukalapak bervalidasi 13,7 triliun. Selain itu, juga memaparkan mengenai sistem pendidikan yang harus kreatif, berinovasi dan berwirausaha. Karena mesin dan teknologi hanya merupakan alat, serta setiap manyusia jangan sampai diperbudak oleh alat.

Sedangkan nara sumber Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, mejelaskan trand pekerjaan yang akan hilang dimasa depan, internet pasif dan hoax, serta memberikan pesan kepada generasi millennial, untuk berhati-hati terhadap perkembangan internet, serta masa depan dunia ada di dunia informatika.

Sementara Guru BK SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, Hasan mengharapkan, dengan adanya seminar ini, para peserta dapat memperkuat diri dan mengembangkan ekonomi kreatif di era 4.0. Dijelaskannya, seminar ini sangat bermanfaat, karena dapat memberikan motivasi terutama untuk siswa SMA sederajat, khususnya dalam menghadapi era 4.0 ini. Diharapkan pula, UBSI Kampus Sukabumi dapat mengadakan kembali seminar ini.

Leave a Reply